Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Berikan Pendidikan Terbaik Untuk Anak, Kenapa Tidak!
Sekolah adalah salah satu pendidikan untuk anak. Sumber:http://www.nusabali.com

Berikan Pendidikan Terbaik Untuk Anak, Kenapa Tidak!

Menjelang tahun ajaran baru para orang tua/wali murid sudah sibuk mencari sekolah/Madrasah untuk buah hati mereka.

Para orang tua berkeinginan mendapatkan lembaga pendidikan yang terbaik untuk putra dan putrinya. Hal tersebut sangat baik dengan catatan sudah dikomunikasikan dengan buah hati mereka mengenai pilihan lembaga pendidikan yang dipilih.

Singkronisasikan keinginan anak dan orangtua atau sebaliknya haruslah terjalin dengan baik. Ada komunikasi baik yang terjalin antara anak dan orangtua. Anaknya suka suatu lembaga pendidikan sedangkan orangtuanya juga setuju.

Apabila singkronisasi tidak terjadi maka anak tidak akan berhasil dilembaga pendidikan tersebut, kecuali anak beradaptasi dengan sistem belajar dilembaga pendidikan yang dipilih orangtua mereka.

Pada dasarnya semua lembaga pendidikan baik. Unsur keberhasilan pendidikan ditentukan banyak faktor seperti jenis lembaga pendidikan, tenaga mengajar, sarana dan prasarana penunjang pendidikan, sistem pendidikan yang diberlakukan, tingkat kedisiplinan, kesamaan ideologi, dan keberpihakan yayasan/pemerintah terhadap lembaga pendidikan tersebut.

Sinergitas antar unsur pendidikan tersebut sangat menentukan keberhasilan pendidikan anak. Akan tetapi tetap pondasi dasar pendidikannya diawali di keluarga. Sebagai pendidikan saya melakukan pengamatan ada hubungan Sebag akibat antara pendidikan dirumahnya dengan perilaku siswa di sekolah.

Orangtua telah mendidik bakal calon anak-anaknya ketika diawal memutuskan memilih pasangan hidup. Begituhalnya cara membuatnya diawali dengan sholat sunah dan berdoa.

Makanan yang diberikan untuk si ibu hamil juga harus dipastikan dari hasil kerja yang halal. Sehingga tidak terkontaminasi dengan makanan yang subhat atau haram. Secara agama ini akan berpengaruh terhadap sikap dan prilaku anak saat mereka hidup kelak.

Kemudian ibu mengandung, dalam kandungan pun pendidikan dilakukan oleh sang ibu. Apapun yang dilakukan ibu misalnya berbicara kepada bayinya dikandungan, memperdengarkan ayat-ayat Al Qur'an untuk bayinya, mengkonsumsi makanan bergizi saat mengandung, stabilisasi emosi, ketepatan suami dalam memperlakukan ibu hamil sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan dan kesehatan sang bayi saat dalam kandungan.

Saat bayi lahir, asupan ASI dan makanan bergizi harus terus diperhatikan. Usia anak terus bertambah pendidikan terus diberikan utamanya adalah agama, kemandirian, dan karakter terpuji. Kesemuanya dibingkai dengan kasih sayang yang proporsional. Memanjakan anak adalah bom waktu. Tinggal menunggu waktu saja bom akan meledak sehingga kelak orang tua akan kesulitan mengendalikan anak-anaknya.

Saat memasuki usia sekolah, orang tua berperan dalam pemilihan lembaga pendidikan untuk buah hatinya. Kategori pendidikan dasar, menengah, bahkan perguruan tinggi. Keyakinan orang tua untuk memberikan pendidikan kepada putra/i merupakan investasi jangka panjang dunia dan akhirat bagi para orang tua. Mewujudkan kebahagiaan dunia ketika melihat semua buah hatinya bisa ditinggal dengan ikhlas ketika kita akan dipanggil yang maha kuasa sebagi para orang tua.

Memilih lembaga pendidikan untuk anak-anak kita kepada tidak? Akan tetapi para orangtua harus memiliki pendekatan yang tepat dengan cara melibatkan anak-anaknya dalam memilih lembaga pendidikan. Sehingga keinginan orang tua dan anak sejalan. Idealnya sesuai dengan potensi anak.

Semoga para orang tua sukses memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya baik dikeluarga maupun dilembaga pendidikan dalam berbagai level. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Amin yra..

10 Mar
Balas

Iya bu, terima kasih sudah mampir salam literasi

11 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali