Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Sehat Selalu Abah
Dokumentasi Penulis

Sehat Selalu Abah

Orangtua adalah harta yang tidak ternilai bagi putra/inya. Bersyukurlah bagi setiap orang yang masih memiliki kedua orangtua. Masih ada kesempatan untuk berbakti kepada mereka, karena masih ada waktu. Jika mereka telah tiada selesai sudah.

Orangtua saya, ibu 5 tahun yang lalu telah wafat menjelang hari raya Idul Fitri karena sakit. Saat dibawa ke rumah sakit Abah (panggilan bapak) selalu menemani, memegang tangan ibu dengan erat, membelai, menunjukkan rasa sayang dan cintanya.

Saat itu usia saya 35 tahun belum pernah melihat mereka sedekat itu. Saat saya tanya alasannya malu berbagi kasih sayang dekat anak. Allah berkehendak lain 5 hari dalam perawatan medis akhirnya Ibu pergi untuk selamanya. Saya sangat begitu kehilangan akan tetapi Abah sangat sabar dan ikhlas.

Abah saya minta untuk tinggal di rumah saya, tidak bersedia. Alasannya ingin tetap di rumah saat Ibu masih ada. Melanjutkan aktivitas ibu selama ini. Tidak tega rasanya membiarkan Abah sendirian. Mencoba mencarikan pasangan hidup kembali untuk mengantikan Ibu ternyata gagal.

Berbagai upaya dilakukan anak-anaknya untuk berusaha membahagiakannya. Pernah suatu ketika membelikan Abah makanan, saat saya berikan kemudian saya coba pastikan di makan atau tidak ternyata tidak di makan. Saat ditanya tidak seenak masakan ibu. Saya hanya terdiam. Buliran air mata memenuhi ruang ujung mata sehingga tidak mampu tertahankan.

Saya teringat saat mendiang ibu ada, Abah selalu dimanjakan dengan masakan ibu dengan rasa yang enak. Saya ingat betul supaya Abah dan anak-anaknya senang masakan ibu, ibu sampai mengikuti kursus memasak. Alhasil sajian dimeja makan selaku bervariasi dengan rasanya yang enak.

Saya ingat betul jika pulang kuliah saat libur akhir pekan. Lebih memilih menahan lapar untuk makan masakan ibu di rumah.

Kini ibu sudah tiada, Abah seolah masih belum dapat melupakannya. Bahkan perihal masakan, akhirnya Abah memilih memasak sendiri. Istri saya saja berkali-kali membawakan makanan siap santap tetapi rasanya tetap tidak berkenan bagi Abah.

Sebuah dilematis, apa yang anakmu bisa lakukan untuk kebahagiaan Abah? Akhirnya anakmu hanya berusaha melakukan semua hal yang diharapkan Abah menyukainya.

Idul fitri tahun ini Abah sudah membuat saya bahagia. Bagaimana tidak, baju muslim dan sarung pemberian anakmu akhirnya di pakai. Awalnya pesimis karena beberapa kali dibelikan tidak dikenakan karena mengunakan standar selera anaknya.

Walaupun Abah banyak dalam diam, anakmu akan selalu berupaya memenuhi semua kebutuhan Abah dan berusaha membuat Abah bahagia.

Sehat selalu yah Abah. Semoga Allah panjangkan umur Abah untuk selalu berupaya mendekatkan diri kepada Allah. Izinkan anak-anakmu membuat Abah bahagia walaupun tanpa Ibu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga awet nunggu anak cucu. Aamiin

05 Jun
Balas

Aamiin ya Allah pak WA Sutanto. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Jun

Bagaimanapun cara kita membahagiakan orang tua, tak akan mampu menggantikan kasih sayang yang mereka berikan. Menjadi anak yang saleh atau salekhah mungkin hanya satu-satunya yang dapat membahagiakan mereka. Barakallah mas Mulya. Taqqabalahu minna wa minkum.

05 Jun
Balas

Iya Pak Agus menjadi anak yang solah, sehingga membuat mereka bangga di dunia dan akhirat kelak. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Jun

Iya Pak Agus menjadi anak yang solah, sehingga membuat mereka bangga di dunia dan akhirat kelak. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Jun

Ya Allah Pak, terharu saya membacanya. Alhamdulillah, masih ada abah. Masih hangat ketika masih ada orang tua. Tidak seperti saya, kedua orang tua sudah tak punya lagi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

05 Jun
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Alhamdulillah masih ada Abah. Oh, insya Allah kedua orangtua ibu Vivi dilapangkan kuburnya, alam kuburnya dijadikan taman surga, dan kelak Allah Swt tempatkan di Surga-Nya. Aamiin ya Allah

05 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali