Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sedekah Diri Atas Nama Ilahi
Islamedia. com

Sedekah Diri Atas Nama Ilahi

Pernahkah berpikir manusia hidup di dunia atas kehendak siapa? Jika kita berpikir jujur penyebab dari segala penyebabnya adalah kehendak Allah.

Dimanakah peran Allah SWT? Bumi dan segala isinya serta makhluk hidup yang ada di dalamnya adalah ciptaan-Nya. Sampai saat ini hanya bumi yang terdapat kehimanusia

Mengapa bumi, karena Allah siapkan sebagai tempat tinggal Nabi Adam yang harus menerima konsukuensi setelah melanggar titah Allah untuk tidak memakan buah qolbi di surga.

Allah maha adil, sehingga Allah menyiapkan planet bumi sebagai tempat pengasingan sang Adam. Tentunya bumi kini dapat di diami anak cucu kini, semuanya atas nama kehendak-Nya.

Bumi nyaman untuk kehidupan manusia, akan tetapi seiring kemajuan tetapi telah terjadi pengrusakan terhadap bumi akibat adanya kerakusan nafsu manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam bumi.

Manusia sebagai makhluk bumi ada karena adanya ibu dan bapak kita. Mereka bertemu atas kehendak-Nya, kemudian menikah, saat ibu kita hamil juga atas kehendak-Nya buktinya ada yang sudah menikah tahunan akan tetapi belum juga dikaruniai anak.

Kemudian saat terlahir berjalan lancar normal ataupun sesar hal tersebut juga atas kehendak-Nya. Banyak kasus melahirkan ada yang meninggal bayi atau ibunya atau bahkan keduanya.

Proses kehidupan panjang yang telah dijalani sejak balita, proses pendidikan, lulus sekolah, bekerja, berumah tangga, memiliki anak, tergerus usia, bahkan jika nyawa meninggalkan tubuh semuanya atas kehendak-Nya.

Pernahkah kita bertanya, apa yang telah kita berikan untuk Allah SWT sebagai bentuk rasa terimakasih kita sebagai makhluk ciptaan-Nya?

Hal kecil saja misalnya untuk mengingatkan kita, jika kita harus membayar setiap hirupan oksigen kepada Allah, apakah kita mampu? Tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, ada organ tubuh bagian luar dan dalam semuanya berfungsi secara normal, semuanya atas kehendak-Nya.

Lantas kita harus bagaimana bersyukur kepada Allah? Bersedahkah. Bersedekah dapat dilakukan terhadap Allah SWT dan terhadap sesama manusia. Bersedekah yaitu berbuat amal baik secara tulus dan ikhlas.

Makna bersedekah sangat luas. Bersedekah dapat dilakukan dengan banyak cara intinya yang dilakukan merupakan perbuatan baik kepada Allah dan sesama manusia seperti bersedekah waktu untuk kebaikan, dzikir kepada Allah, mengingatkan kebaikan untuk orang lain, membantu orang lain yang membutuhkan, dan banyak hal lain yanh dapat dilakukan.

Bentuk rasa syukur kita harus dimulai dari hal kecil sampai dengan hal besar. Mulailah dari sekarang dan saat ini juga.

Lakukanlah sedekah sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Bentuk sedekahnya beribadah, berdzikir, membaca Al Quran dan mengamalkan agama, dan belajar agama. Selain itu sedekah terhadap sesama manusia yaitu berbuat baik ikhlas, tulus, karena Allah.

Semoga kita dapat menjadi manusia yang senantiasa bersyukur atas segala karunia Allah dan rasa syukur kita melakukan banyak bersedekah baik kepada Allah maupun kepada sesama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali