Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sang Waktu Itu Datang dan Pergi
Sang waktu. Sumber: partikel hidup.wordpress

Sang Waktu Itu Datang dan Pergi

Konsep waktu itu adalah konsep ilahi. Jagad raya berdasarkan teori big bang mengenal istilah masa akhir. Ada dentuman besar yang memicu ledakan fusi nuklir sehingga terbentuknya jagad raya dengan segala isinya. Semua benda langit ada konsepsinya. Walaupun banyak teori lainnya akan tetapi teori ini lebih diyakini banyak para ahli astronomi.

Matahari sebagai binatang juga memiliki umur. Sinarnya menunjukan umur bintang. Apabila bintangnya berwarna merah kondisi tersebut menunjukan bintang sudah mengalami pendinginan. Dapat dibayangkan seandainya matahari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi mengalami pendinginan? Apa yang akan terjadi dengan bumi? Sudah dipastikan bumi tidak lagi mendapatkan sinar matahari, selesai sudah kehidupan di bumi.

Sebagaimana halnya bumi. Bumi juga memiliki usia. Metode penentuannya menggunakan acuan kadar garam, sedimentasi, geologi, dan unsur atomnya.

Bumi juga memiliki sistem tersendiri. Bumi berotasi (berputar pada porosnya selama 24 jam) dan bumi juga berevolusi (bumi mengelilingi matahari sekitar 365 hari). Andaikan bumi terlempar dari orbitnya selesai sudah. Ada batasan waktu dalam menjalankan perintah ketuhanan.

Manusia juga demikian. Seseorang memiliki jatah hidup 63 tahun apabila mengacu kepada usia Nabi Muhammad SWT, nabi penutup akhir zaman. Seandainya mendapatkan tambahan usia anggaplah bonus waktu. Pertanyaannya adalah untuk beribadah atau membebani orang disekitarnya dengan umur panjang.

Rentangan waktu pada manusia berawal dari detik, menit, jam, hari, Minggu, bukan, bahkan tahun. Waktu senantiasa datang dan pergi. Waktu terus mengikis usia yang telah Allah ketahui berapa jatah hidup kita.

Memanfaat waktu banyak ragam caranya. Semuanya tergantung karakter diri dan kualitas perorangan.

Ada orang yang mengabaikan waktu. Hidup tanpa arah. Tersesat dalam kejamnya dunia. Kalah bersaing. Tidak mau berjuang. Mengalah pada keadaan. Berkutat dengan kesia-siaan. Terjatuh ke lembah kehinaan. Terjerumus kedalam pelanggaran hukum keberlanjutan. Menjadi sampah-sampah masyarakat. Berkelana di bumi tanpa acuan dan pegangan hidup.

Penggunaan waktu ditentukan kualitas diri seseorang. Semakin berkualitas seseorang maka semakin efektif menggunakan waktunya selama hidup. Walaupun terpuji atau tidak yang dilakukan tergantung karakter dirinya positif atau negatif.

Pondasi dasarnya adalah ketaqwaanya pada ilahi. Apakah dasar keimanan yang kuat atau tidak.

Dasar keimanan adalah keyakinannya bahwa Allah maha tau, malaikat mencatat hal baik dan buruk, mencatatnya dalam buku amal, berbuat baik balasannya surga, apabila berbuat buruk sanksinya neraka.

Waktu datang dan waktu akan pergi kembali. Semoga kita sadar bahwa apapun yang kita lakukan ada batas waktunya. Lakukan banyak hal baik sebelum kesempatan itu pupus. Waktu itu tak akan pernah kembali. Waktu itu saat sekarang dan masa yang akan datang. Manfaatkan sebaik-baiknya waktu untuk banyak melakukan banyak kebermanfaatan saat berinteraksi kepada sesama dan penghambaan diri kepada Allah sang pencipta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Demi waktu juga Allah ingatkan dalam ayatnya So jangan main-main dengan waktu Salam Literasi

13 Mar
Balas

Iya, waktu sudah Allah atur tinggal bagaimana kitanya memanfaatkannya , salam literasi juga bu

13 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali