Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sandal Jepit Yang Berjasa

Sandal Jepit Yang Berjasa

MAN 2 Tangerang saat awal penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018-2019 mengadakan kegiatan penerimaan siswa baru melalui masa taaruf siswa madrasah (Matsama).

Pada acara matsama tersebut saat melakukan kegiatan ibadah salat dhuha dan fardu wajjb mengunakan alat kaki sandai jepit. Di syaratkan ukurannya sama.

Setelah matsama selesai, kegiatan pembelajaran pun dilaksanakan. Bagaimana dengan sendal jepit yang siswa baru gunakan saat matsama? Sandal jepit tersebut disodaqohkan untuk kepentingan ibadah salat dhuha atau fardu di MAN 2 Tangerang.

Sandal jepit tersebut menjelang salah dhuha dan fardu disediakan oleh pengurus OSIS. Siswa tinggal meminjamnya dengan mengunakan kartu pelajar. Siswa diberikan nomor peminjaman sandal jepit. Saat siswa selesai mengunakan sendal jepit menukarkan nomor sandal dengan kartu pelajar.

Sandal jepit tersebut sangat berjasa. Dalam Islam bersuci atau berwudhu sangat penting. Sah atau tidaknya salat seseorang tergantung suci atau tidaknya anggota tubuhnya dari hadas kecil maupin besar.

Jika kaki menginjak benda najis maka tidak sah salat seseorang. Dengan adanya sandai jepit tersebut dapat mengatasi organ tubuh (kaki) tidak terkena najis.

Memasuki waktu salat dhuha dan dzuhur panggilan salat. Siswa/i MAN 2 berbondong-bondong menuju tempat ibadah. Sandal jepitnya sangat membantu mereka. Memanfaat sodaqoh dari siswa baru memberikan manfaat kapada warga madrasah.

Sandal jepit tersebut walaupun kondisinya baru ada saja siswa yang mengunakannya sangat kasar sehingga rentan kerusakan. Bahkan seharusnya hanya siswa yang punya nomor yang menggunakan sandal jepit, ada juga siswa yang malas untuk menukarkan kartu pelajar dengan nomor sandal dan mengunakan sandal yang ada. Tidak jarang siswa peminjam harus menunggu sandal yang dipinjamnya karena digunakan siswa lain. Dengan demikian maka intensitas banyak pengunakan sandal maka ada beberapa sandal jepit yang rusak.

Wajar sebenarnya benda digunakan rusak artinya sandal jepit tersebut dimanfaatkan. Bukan harganya juga bentuknya tetapi kebermanfaatannya.

Sandal jepit tersebut telah berjasa sebagai alat alas kaki untuk melakukan aktivitas berwudhu menjelang salat. Optimalisasi sodaqoh dari siswa baru dan memanfaatkannya secara optimal untuk kepentingan umat. Sungguh sandal jepit yang berharga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali