Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Salat Tarawih

Salat merupakan salah satu ibadah yang dilakukan seorang muslim. Salat ada dua kategori yaitu wajib dan sunah. Salat wajib yang dilakukan dalam lima waktu sedangkan salat sunah diluar salat lima waktu tersebut. Salat wajib jika ditinggalkan berdosa sedangkan salat sunah jika tidak dikerjakan tidak berdosa akan tetapi jika mendakkan mendapatkan pahala.

Salah satu salat sunah yang sangat dianjurkan di bulan ramadan adalah salat tarawih. Pada dasarnya semua ibadah wajib dan sunah di bulan ramadan pahalanya di lipat gandakan.

Salat, merupakan ibadah yang godaannya sangat dahsyat. Bagaimana tidak setan berusaha terus menerus untuk mengoda anak cucu Nabi Adam untuk tidak melakukan ibadah salat dengan banyak bentuk godaan. Sehingga umumnya ibadah salat berjamaah di mesjid sepi. Sebagai efek dahsyatnya godaan setan.

Berbeda saat salat tarawih, hari biasa di mesjid paling banyak 3 baris akan tetapi saat ramadan, jamaah salat tarawih membludak baik pria maupun wanita. Akan tetapi fenomena tersebut ibarat seleksi alam semakin mendekati akhir ramadan semakin berkurang. Biasanya seseorang sibuk membeli baju lebaran dan mudik ke kampung halaman. Pada saat itulah istiqomah seseorang teruji, siapa yang bertahan di medan laga dan siapa yang gugur dalam salat tarawih.

Jika setiap muslim menyadari bahwa ramadan ini adalah bulan istimewa, bulan untuk melebur dosa, bulan yang sarat akan pahala yang berlipat ganda, seyogyanya dari awal sampai akhir bulan di optimalkan mengisinya dengan banyak ibadah. Belum lagi ada malam istimewa yaitu Lailatul Qadar. Apakah, seorang muslim akan mengabaikannya? Lalu bagaimana jika ini adalah ramadan terakhirnya.

Baiknya mumpung masih awal-awal ramadan. Niatkan hati untuk mengoptimalkan segala aktivitas di bulan ramadan secara istiqomah. Tujuannya tiada lain mencari ridho Allah. Termasuk optimalisasi ibadah salat tarawih. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Asiyap Pak, optimalkansemua kita lakukan di ramadan ini. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali