Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sahur Saat “Injury time”
beriwarta.com

Sahur Saat “Injury time”

Ramadan memasuki hari ke 26. Apakah selama ini waktu sahurnya selalu tepat waktu?Idealnya sahur disunahkan diakhir waktu.

Jika subuh pukul 04.30 maka sahur idealnya dilakukan saat kisaran pukul 04.00. Hal tesebut cukup untuk mempersiapkan diri ke mesjid guna melaksanakan ibadah salat subuh.

Terkadang rencana sudah disiapkan secara matang untuk bangun sahur, alarm sudah dipasang, apalah daya terlambat bangun, atau terbangun saat beberapa menit menjelang subuh.

Selama saat ramadan bulan ini, sahur dilakukan dibanyak waktu. Pernah jam 01.00 karena sedang sulit tidur. Jam 03.00, jam 03.30 juga pernah, umumnya kami sahur sekitar jam 04.00.

Secara dramatis pernah beberapa kali sahur dalam waktu injury time ibarat sepakbola sahur pada waktu tambahan saat waktu yaitu waktu antara imsak sampai dengan waktu subuh tiba, he..he..tidak sahur juga pernah ketika semua anggota keluarga tidak ada yang terbangun.

Sahur injury time dilakukan sekitar 10 menit menjelang subuh, saat terbangun pasrah saja menyantap makanan sahur apa adanya. Makanan tidak ada yang dihangatkan ataupun memasak baru.

sahur pada waktu ini biasanya hanya makan berapa suap dan minum beberapa teguk. Jika sedang ada kurma atau kue kecil alhamdulilah, pas sahur dalam keterbatasan waktu tidak memakannya saja, masalahnya jika sedang tidak ada.

Alternatif yang lain juga dapat dilakukan yaitu jika ada telor mentah dapat membuatnya menjadi hidangan telor ceplok/mata sapi, kasih sedikit garam dan kecap.

Pastikan tidak kekurangan minum dan hindari tersendak makanan karena makan terburu-buru. Walaupun sahur dalam waktu kritis itu masih lebih baik karena kita dapat sunahnya dibandingkan tidak sahur. Terpenting jangan lupa niat puasanya. Semoga Allah menerima ibadah puasa kita. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga diberi kesehatan dan kemudahan selama berpuasa pak, walaupun kadang telad sahur atau bahkan tidak sahur sama sekali. Saya sekeluarga tadi sahurnya juga mepet, hampir jam 4 pagi. Ceritanya mengalir pak jadi enak dibaca. Makasih telah berbagi.

10 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali