Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Yuk Sahur
Sumber:konfrontasi.com

Yuk Sahur

Puasa merupakan aktivitas menahan lapar dan haus selama seharian. Dilakukan sejak adzan subur berkumandang sampai dengan sholat magrib tiba.

Makna puasa sangat begitu dalam karena ibadah ini dinilai langsung oleh Allah SWT. Tidak ada yang tahu seseorang itu puasa atau tidak hanya diri yang bersangkutan dan Allah. Begitu juga perihal apakah puasa kita diterima atau tidak. Untuk kesempurnaan ibadah puasa hendaknya pergunakan ilmunya tentang tatacara dan bagaimana idealnya ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Saat berpuasa aktivitas yang hendaknya/disunahkan dilakukan adalah sahur. Sahur merupakan aktivitas makan yang waktunya dilakukan sebelum imsak/menjelang subuh.

Secara kesehatan bertujuan sebagai cadangan sumber energi untuk beraktivitas seharian esok harinya saat berpuasa.

Setelahnya harus dibarengi niat berpuasa. Jika niat tidak dilakukan maka puasanya tidak sah atau saat berpuasa terasa begitu lapar berat saat kita berpuasa.

Sahur sifatnya sunah akan tetapi sangat dianjurkan. Menu sahur disesuaikan dengan selera orang yang akan berpuasa. Bisa makanan ringan ataupun berat. Pastikan banyak mengkonsumi air mineral, susu, dan ditutup buah-buahan. Andaikan ingin meningkatkan stamina juga bisa meminum vitamin.

Sahur sebenarnya konsep ilahi. Memindahkan pola makan yang awalnya semau kita akan tetapi saat puasa dipindahkan ke waktu sahur dan saat berbuka puasa. Hal yang tetap harus diperhatikan saat sahur atau berbuka puasa jangan makan berlebihan. Sesungguhnya sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Pasti ada dampak buruk karenanya.

Semoga saja selama Ramadhan tahun ini kita senantiasa dapat melakukan sahur sebelum berpuasa. Sangat dianjurkan pada akhir waktu artinya sebelum masuk waktu subuh. Setelahnya kita dapat melakukan aktivitas ibadah lainnya seperti sholat subuh dan aktivitas ibadah lainnya.

Hal yang perlu diingat, apapun yang kita lakukan pada bulan ramadhan harus selalu bernilai ibadah. Baik ibadah kepada Allah maupun kepada sesama. Allah menjanjikan akan melipatgandakan nilai ibadah yang umatnya lakukan jika tulus, ikhlas, dan semata-mata melakukannya karena Allah.

Semoga kita dapat memaksimalkan ramadhan tahun ini sebagai traning spiritual. Sehingga jika kita lulus traning akan lahir pribadi yang lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali