Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Rindu Ema

Bulan ramadan ini adalah tahun ke 4 ditinggal ema menghadap Yang Maha Kuasa, tepatnya seminggu menjelang idul fitri karena beliau sakit. Ema panggilan ibu wilayah banten karena mayoritas suku sunda.

Saat ada ema bulan ramadan begitu spesial. Setiap berbuka puasa disajikan menu bukaan yang.bervariasi jika ditanya supaya buka puasanya istimewa. Saat sore putra/i berkumpul didapur untuk membantu proses menyiapkan menu berbuka.

Menjelang berbuka puasa menu buka puasa sudah tersaji dimeja makan. Kemudian ema menyiapkan teh manis, teh tawar, atau es buah/sirop. Saat magrib tiba kemudian kami berbuka puasa, ema selalu bilang batalkan puasa dulu, kemudian segera ke mesjid, setelah salat magrib dilanjutkan.

Menjelang.waktu isya tiba, ema selalu mengingatkan ambil air wudhu segera kemasjid salat isya dan tarawih, sepulang tarawih baru makan.

Saat ema pulang dari mushola khusus wanita terkadang juga mesjid, dirumah ema mempunyai tempat khusus salat, dzikir, dan mengaji. Bisa berjam-jam waktu dihabiskan.di tempat tersebut.

Saat sahur tiba, ema sangat telaten membangunkan putra/i nya. Bahkan tidak segan mengusapkan air wajah anak-anaknya supaya bangum dari tidurnya. Ema biasanya makan sahur belakangan menunggu putra/i selesai makan. Ema lebih mementingkan ketercukupan makanan untuk putra/i dibanding dirinya sendiri.

Putra mu ini sangat merindukan ema, masih teringat saat putra sulung mu ini berumah tangga dan memiliki rumah yang jaraknya tidak terlalu jauh hanya selisih 4 rumah, setiap malam saat waktu sahur tiba selalu datang untuk memastikan apakah anak, menantu, dan cucu-cucunya sudah bangjn sahur atau belum.

Sampai waktu itu tiba, saat sahur tiba ema tidak datang. Besoknya saya pastikan ternyata ema sakit. Ema sangat tidak mau membuat anak-anaknya khawatir. Ema berusaha berobat sendiri ternyata sakitnya itu membuat tergolek ditempat tidur, berbagai upaya untuk mengobati dan puncaknya harus kerumah sakit dan dimalam ramadan sepertiga malam dipanggil Yang Maha Kuasa.

Semua kejadian itu seolah baru terjadi kemarin pagi, mendampingi beliau sampai akhir hayatnya adalah hal paling berharga dalam hidup saya.

Ema kami putra/i mu sangat merindukan mu. Merindukan mu saat bulan ramadan tiba begitu juga hari-hari lainnya. Doa putra/i senantiasa dipanjatkan semoga ema tenang di alam kubur, dijadikan alam kubur taman surga, kelak Insyaallah Ema akan ditempatkan di Surga-Nya.

Peluk dan kangen dari putra mu, semoga kelak Allah izinkan bertemu kembali di Surga-Nya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cerita yg bagus p. Mulya, serasa bc cerita sy sendiri. Ya, sosok ibu/ emak mmg identik dg penyajian menu mkn yg so pasti nikmat... Ternyata sy tdk bs spt beliau. Ternyata tak mudah utk mjd sosok "emak" yg sempurna buat anak2nya. But, ada sedikit masukan dr sy klo berkenan. Agar dibiasakan penulisan yg benar, khususnya penulisan kt depan hrs dipisah (di dapur, di meja, ke masjid, dst). Mksih, salam kenal dr Sukoharjo, Jateng...

09 Jun
Balas

iya bu, terimakasih atas masukannya

09 Jun

"Ema" memang sosok yang selalu dirindukan. Pasti ema bahagia di sisiNya, pak guru. Aamiin ya robbal alaamiin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jun
Balas

terima kasih bunda, aamiin ya Allah

09 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali