Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Mau Memilih, Nomor 5 Acuan Terpenting!
malesbanget. com

Mau Memilih, Nomor 5 Acuan Terpenting!

Hidup selalu dihadapkan pada pilihan. Pilihan berdasarkan kualitas diri sendiri. Dasarnya adalah selain intelegensi juga kedewasaan hidup dalam memilih. Semuanya membutuhkan proses panjang dalam menjadi pemilih yang bijak dan tepat.

Apa yang kita pilih, apakah pilihan terbaik atau bukan sangat relatif. Dasar pertimbangannya pilihan harus ada identifikasi terhadap kualitas suatu pilihan.

Memilih aktivitas dalam hidup harus dilakukan secara cerdas. Memilih harus mengunakan acuan tertentu supaya menjadi pemilih cerdas yaitu:

  1. Tingkat kepentingan pilihan skala, jika kadar pilihan dibuat maka pilihan harus perioritas A1/sangat penting/VIF.
  2. Pilihan tersebut waktunya sangat mendesak, hitungan menit, jam, harian, mingguan, atau bulanan. Sedekan dekan deadlinenya maka akan semakin penting.
  3. Pilihan tersebut untuk siapa, semakin penting orangnya seperti dengan orangtua kandung kita, keluarga, dan orang penting lainnya.
  4. Jika berkaitan dengan pekerjaan lihat urgensi pekerjaanya. Semakin penting dan bernilai maka semakin perioritas.
  5. Perioritas pertama, utama, dan terpenting adalah segala urusan yang berkaitan dengan ketuhanan/keilahian.

Jangan abaikan waktu yang kita miliki untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat membuang waktu secara percuma.

Hendaknya jadilah pemilih cerdas. Pilihan terpenting mengapa berada pada pilihan ke 5? Idealnyapilihan utama pada segala akfivitas yang berkaitan dengan ketuhanan/keilahian, melakukan apapun niatkan karena Allah Swt.

Pilihan ini eksekusinya sangat sulit karena ada sang iblis dengan semua anakbuahnya yaitu setan yang membantunya untuk menjerumuskan setiap orang untuk melakukan kesalahan atau keputusan salah seperti perioritas dunia dibandingkan ibadah, mengabaikan salat, tidak peduli terhadap orang lain, dan lain sebagainya.

Semoga pilihan kita selalu tepat sehingga dapat melakukan banyak hal baik dibandingkan hal buruk. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali