Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Posisi Penelitian Kualitatif pada PTK

Posisi Penelitian Kualitatif pada PTK

Menurut Denzin dan Lincoln penelitian kualitatif adalah penelitian yang mempelajari fenomena yang ada sesuai dengan settingan aslinya, mencoba memahami atau menginterpretasikan makna dari fenomena yang dipelajari.

Penelitian kualitatif mengunakan metode empiris seperti studi kasus, pengalaman pribadi, introspeksi, life story', interview, historical, interaksional, dan visual teks.

Penelitian kualitatif harus disiplin mengikuti prosedur metode ilmiah akan tetapi pelaksanaanya mengedepankan fleksibeliitas.

Penelitian kualitatif sering disebut emergent design dimana prosedur penelitian dapat berkembang secara terus menerus disesuaikan dengan kondisi responden dilapangan.

Data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan. Penelitian dituntut berhubungan langsung dengan konteks yang diteliti untuk keperluan pemahaman.

Alat pengumpulan datanya adalah peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain (human instrument).

Data penelitian bersifat kualitatif seperti naskah, catatan hasil pengamatan, catatan hasil wawancara, gambar, video, catatan perilaku seseorang atau kelompok, sejarah kehidupan, dan sejenisnya. Data tersebut diperoleh dengan pengamatan oleh peneliti /partisipan, wawancara mendalam, wawancara kelompok, kaji dokumen, merekam dengan kamera, dan sejenisnya.

Data yang berkumpul bersifat lunak (mendeskripsikan orang, tempat, hasil percakapan, dan sejenisnya), data yang diperoleh dari lapangan tidak dianalisis secara statistika, pernyataan penelitian dirumuskan melalui kajian semua kompleksitas yang ada dalam konteks penelitian, prosedur kerja pengumpulan data yang paling umum adalah observasi partisipatif dan wawancara mendalam.

Analisis data dilakukan secara induktif yaitu analisis data yang diperoleh dari sumber-sumber kecil yang terpisah sehingga menjadi kumpulan data yang menyatu, menjadi general, dan menjadi rumusan yang bersifat deduktif.

Dalam penelitian kualitatif menurut Jeff Dauri ada 7 langkah utama yang harus dilakukan dalam penelitian kualitatif yaitu menetapkan pertanyaan penelitian, menentukan siapa/apa yang akan menjadi sumber data, kapan apakah dilakukan, dimana, dan bagaimana cara melakukannya, mengumpulkan data, merumuskan temuan, memvalidasi temuan, dan menyusun laporan.

Dimanakah posisi penelitian kualitatif pada PTK? Posisinya berada secara bersamaan dengan penelitian kuantitatif. Penelitian PTK menggunakan konsep penelitian kuantitatif kemudian menginterpretasi darmta sosialnya dengan menggunakan penelitian kualitatif. Misalnya pada kajian pustaka penelitian kualitatif dilakukan untuk membahas masalah dan memvalidasi temuan. Itu menunjukan bahwa penelitian kualitatif, teori bukan diuji coba melainkan dibangun.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantabbb. Terimakasih infonya Pak. Baarokallah.

17 Mar
Balas

Sama-sama bu

17 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali