Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Pil Pahit Rusia Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Rusia sebagai tuan rumah piala dunia 2018 akhirnya harus menelan pil pahit. Pertandingan tadi pagi dini hari harus mengakui kekalahan dari Kroasia dengak adu finalti setelah bermain imbang 2-2 selama waktu normal 90 menit dan waktu tambahan 30 menit.

Skor kedudukan adu finalti pin tipis 3-4 untuk kemenangan Kroasia. Kroasia sudah di tunggu Inggris yang sebelumnya dengan skor meyakinkan mengalahkan Swedia 2-0.

Sebagai tuan rumah Rusia sangat luar biasa dari awal pertandingan sampai dengan babak 16 besar. Rusia memiliki pemain ke-12 yaitu bermain di negara sendiri dengan dukungan ribuan suporter. Bentuk dukungan superter seolah menjadi energi tambahan bagi Rusia.

Kalah melalui adu finalti adalah kalah terhormat. Penentu kemenangan berada pada mental penendang finali dan keberuntungan. Sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat gelaran piala dunia 2018 pun pernah pernah gagal mengeksekusi tendangan finalti.

Sama halnya dengan Rusia kegagalan eksekutor finalti ke gawang Kroasia menjadi akhir dari perjuangan Rusia. Rusia harus tersingkir pada babak perempat final piala dunia 2018. Walaupun demikian Rusia tidak harus angkat koper karena gelaran piala dunianya di negaranya sendiri. Hal yang dapat dilakukan adalah menonton pertandingan dengan gigit jari di semifinal dan final serta melihat siapa juara baru piala dunia 2018.

Hendaknya Rusia dapat menjadikan pembelajaran atas raihan masuk ke babak perempat piala dunia. Kelak pada gelaran piala dunia 2022 dj Qatar Rusia lolos dan dapat berprestasi jauh lebih baik dari sekarang.

Itulah pil pahit yang harus di telan oleh Rusia. Gagal di negaranya di perempat final piala dunia 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Dari empat tim yg akan berlaga di semi final, tiga tim masing2 menang 2-0 atas lawan2nya. Hanya Kroasia yg menang adu pinalti. Kita tunggu serunya pertandingan babak semi final.

08 Jul
Balas

Tuah sebagai tuan rumah jelas terlihat hingga Rusia sampai perempat final. Tim pemenang adalah tim dengan kualitas terbaik didukung mentalitas pemainnya. Bravo Rusia.

08 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali