Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pesantren Ramadan
http://www.byteworld.ro

Pesantren Ramadan

MAN 2 Tangerang pada saat ramadan tahun ini kembali mengadakan kegiatan rutin yaitu pesantren ramadan. Pesantren ramadan dilakukan setelah selesai peleksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Pelaksanaan pesantren ramadan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu rabu-kamis, 30-31 Mei 2018 untuk siswa kelas X dan XI mulai dari kelas MIA, IIS, dan IIK.

Nuansa di MAN 2 Tangerang ibarat pesantren sesungguhnya. Para siswa menggunakan pakaian muslim selama dua hari baik siswa putra/i. Bahkan direkomendasikan untuk siswa putra mengunakan baju muslim, kopiah, dan sarung. Serangkaian acara-acara nuansa religius dilakukan seperti tadarus pagi, membaca solawat, kajian kitab kuning, presentasi materi-materi puasa, zakat, ibadah, dan lain sebagainya. Para pembicara merupakan pakar-pakar dibidangnya.

Saat waktu senggang peserta pesantren ramadan menyetorkan hafalan semester 2 yang belum mereka tuntaskan. hafalan semester 2 harus dituntaskan. Lokasi yang pilihpun dimana saja, asalkan nyaman antara siswa penyetor hafalan dan guru.

Selasar-selasar depan ruang guru, depan ruang Pembantu Kepala Madrasah (PKM), perpustakaan, dan kelas merupakan tempat biasa siswa setor hafalannya. Terdengar alunan-alunan bacaan ayat Al Qur'an dari arah tempat tersebut. Kemudian jika belum selesai dapat dilanjutkan bada dzuhur sampai dengan waktu ashar tiba. Program tahfid terbatas memang harus dituntaskan sebagai prasarat pembagian raport dan untuk mendapatkan sertifikat tahfid.

Selain tahfid bada dzuhur juga ada praktik pembayaran zakat fitrah dari siswa kepada petugas penerima zakat dari siswa sendiri yang tergabung dalam ekskul rohis. Para amil zakat fitrah telah menempati kursi tempat pembayaran zamat dengan bersiap sedia mengadakan ijab kabul dan doa bagi siswa yang akan membayar zakat fitrah. Dua hari aktivitas madrasah begitu sarat dengan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi para siswa.

Ramadan harus dioptimalkan sebagai ajang melakukan berbagai aktivitas positif dalam mengisinya. Begitu juga dilingkungan madrasah/lembaga pendidikan. Setidaknya apa yang dapat dilakukan untuk mengisi berbagai kegiatan positif maka lakukanlah.

Serangkaian acara pesantren ramadan setidaknya dapat membuat siswa mereguk banyak ilmu dan praktik keagamaan dibulan nan agung ini. Semoga saat setelah pembagian raport dan liburan akhir semester menjelang idul fitri dapat merangsang jiwa siswa untuk melakukan kegiatan positif di bulan ramadan walaupun tidak lagi di madrasah. Pasca ramadan siswa/i dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali