Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Perpustakaan Itu Tidak Penting?
https://www.goethe.de

Perpustakaan Itu Tidak Penting?

Sekolah/madrasah merupakan lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan terendah maupun sampe jenjang tertinggi.

Manajemen sekolah berupaya melengkapi semua sarana dan prasarana pendidikan. Kesemuanya didukung oleh sumber daya manusia untuk tenaga pendidik dan kependidikan, serta input siswa yang diterima.

Berbagai sarana pendidikan sudah diatur dalam undang-undang standar sarana dan prasarana pendidikan.

Diantara sarana dan prasarana tersebut perpustakaan salah satunya. Perpustakaan itu tidak penting, ketika tidak difungsikan dengan baik. Kondisi perpustakaan tidak layak seperti ruangan panas karena tidak ada pendingin udara, penerangan perpustakaan kurang, buku-bukunya sudah tidak layak atau sudah terlalu lama (kurikulum tidak sesuai) walaupun secara materi masih ada yang terpakai.

Bagaimana supaya perpusatakaan dapat di fungsikan dengan baik berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Petugas perpustakaan harus bersikap ramah, saat siswa akan berkunjung ke perpustakaan saat datang, meminjam, atau bertanya kepada petugas.
  2. Penerangan ruangan yang cukup, penerangan perpustakaan adalah kebutuhan mutlak, penerangan adalah kebutuhan pokok membaca, menulis, dan belajar. Kegiatan utama yang umumnya dilakukan diperpustakaan.
  3. Kondisi ruangan yang nyaman menggunakan pendingin ruangan/minimal kipas angin, kenyamanan perpustakaan harus diperhatikan sehingga siswa betah saat diperpustakaan untuk membaca, menulis, dan belajar. Semakin nyaman kondisi perpustakaan semakin banyak siswa yang memanfaatkan perpustakaan.
  4. Kelengkapan buku koleksi perpustakaan, perpustakaan harus lengkap koleksi bukunya. Semakin lengkap koleksi perpustakaan semakin banyak pengunjung perpustakaan. Berbagai jenis buku idealnya semuanya tersedia.
  5. Berlangganan koran harian jumlahnya lebih dari satu dan berbagai majalah, informasi aktual harian dapat di ketahui diantara dari media cetak. Saat pengunjung perpustakaan membutuhkan informasi harian tinggal datang keperpustakaan untuk membacanya.
  6. Guru mengadakan metode pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan, mendekatkan siswa dengan buku salah satu caranya bagi seorang guru adalah menugaskan/melakukan pembelajaran bersama diperpustakan.

Sekolah/madrasah yang baik adalah memiliki perpustakaan. Perpustakaan menjadi tidak menjadi penting ketika tidak dimanfaatkan secara optimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

se7 Pak, perpustakaan itu jantungnya sekolah, kata orang

07 Feb
Balas

Selama ini kurang di sadari oleh madrasah, andaikan ada tulisan guru dan siswa apabila di Pampang diperpustakaan pasti wow

07 Feb

Saya punya mimpi tentang Perpus di sekolah saya tapi belum terwujud Karena sekolahnya colaps. Bagus pak idenya

07 Feb
Balas

Iya Bu, apalagi ada niatkan utk terus melengkapi koleksi perpustakaan, jadi bahan bacaan yang bisa super lengkap

07 Feb

Setuju pak Mulya...terima kasih tipsnya juga

07 Feb
Balas

Di madrasah tempat mengajar Kamad baru, perpustakaan nya di perbaiki semuanya fasilitasnya dengan nyaman, sehingga sekarang-sekarang siswa banyak yang berkunjung

07 Feb

Super .... konsep cemerlang perlu realisasi. Betul kan Pak.

07 Feb
Balas

Iya, zaman literasi harus dioptimalkan peran perpustakaan untuk penyelamatan para penulis zaman now

07 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali