Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Berjuanglah, Ketika Yakin itu Bisa Sukses

Sebutlah namanya Fina saat masuk madrasah orangtuanya mengeluh bahwa anaknya berprestasi tetapi dirinya tidak mampu karena ayahnya menjadi korban PHK beberapa tahun yang lalu. Selama ini ayahnya bekerja serabutan. Kejujuran orangtuanya memantik panitia PPDB untuk tetap menerima siswa tersebut menggunakan jalur prestasi.

Saat di wawancara orangtua dan siswa bersama tim panitia PPDB, panitia menyampaikan bahwa prestasi anak dapat membuatnya sekolah gratis karena beasiswa pendidikan akan diberikan kepada para juara umum sesuai bidang jurusannya masing-masing. Berjuanglah, ketika yakin itu bisa sukses.

Benar saja. Siswi tersebut sikap dan perilakunya sangat baik. Menyadari kondisi ekonomi keluarganya dan membuktikan bahwa dirinya selalu menjadi juara umum mulai dari kelas X, XI, dan XII. Selain itu siswi tersebut aktif di ekstakulikuler dan mencapai karier tertinggi sebagai ketua ekstrakulikuler yang fokus digelutinya.

Saat kelas XII lulus tiket masuk tanpa tes diraihnya diperguruan tinggi negeri di Jawa Barat. Selama saya menjadi gurunya belum menemukan kekurangan pada kepribadiannya dan kelemahan dalam belajarnya. Sungguh nyaris sempurna dalam keterbatasan perekonomian keluarganya.

Siswa berprestasi itu seolah bakat alam. Bawaan gen kedua orangtuanya. Madrasah hanya menjadi fasilitator. Guru hanya memberikan bimbingan terbaik untuk menghantarkan para siswa meraih cita-cita hidupnya.

Hidup itu adalah proses. Jika setiap orang mau berikhtiar atas nama kebaikkan. Orangtua berjuang untuk kebaikan anak-anaknya. Solusi dalam hidup pasti akan Allah Swt tunjukkan bagi siapapun yang mau berikhtiar. Yakinlah jika niatnya baik, Allah akan kabulkan rencana-rencana baik tersebut.

Hidup kadang diatas kadang dibawah. Bersabarlah saat dibawah, terus ikhtiar jauhi sifat putus asa. Jika sedang diatas ingatlah saat sedang berada dibawah, jangan lupa saat lapang ingatlah masa sempitmu. Tidak ada kesombongan dalam hidup bahwa sesuatu yang diraih ada peran Ilahi dan ridho Sang Pencipta. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah, anak yang luar biasa. Insya Allah ia akan sukses di kemudian hari. Sukses selalu dan barakallahu fiik

01 Jul
Balas

Iya bu Vivi. Siswa tersebut berasal dari zonasi, jika madrasah menerapkan zonasi. Alhamdulillahnya kebijakan zonasi tidak diterapkan pada kementerian agama. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Vivi

02 Jul
search