Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pentingnya Waktu dalam Islam

Pentingnya Waktu dalam Islam

Waktu itu sangat penting jangan pernah mengabaikannya. Jika akan dipilah dari 24 jam waktu yang kita jalani perhari, dilakukan untuk apa saja?

Apakah pemanfaatnya waktu tersebut sudah efektif atau hanya membuang-buang sudah saja tanpa manfaat. Lalu bagaimana Islam mengatur tentang waktu?

Pada Al Quran juz 30 Surat Al 'Asr (Masa) surat ke-103 berjumlah 3 ayat yang diturunkan di kota Mekah sehingga disebut surat Makkiyyah, isinya menerangkan tentang waktu, isinya yaitu:

  1. Demi masa
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran, dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.

Jelas adanya Islam mengatur waktu. Pada surat tersebut, seorang manusia akan sangat rugi jika menyia-yiakan waktu.

Lalu siapa yang tidak rugi dalam memanfaatkan waktu? Orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh, orang yang memberikan nasehat untuk kebenaran dan kesabaran.

Siapa orang beriman itu? Dalam Surat al Baqarah ayat 3-4 bahwa orang beriman adalah orang yang percaya pada yang gaib, mendirikan salat, menafkahkan sebagian rezeki, beriman kepada Al Quran dan kitab yang diturunkan sebelumnya, serta mereja yang yakin akan adanya kehidupan akhirat. Orang beriman tersebut aktivitasnya sesuai dengan Al Quran tentunya akan mengerjakan banyak amal saleh.

Amal saleh dilakukan dalam rangka hubungan dengan Allah Swt (hablumniallah) dan sesama manusia (habluminannas). Menjalankan perbuatan baik atas niat beribadah. Ketulusan dan keikhlasan atas nama Allah Swt.

Jika seseorang telah beriman dan mengerjakan amal saleh maka mereka mengetahui mana yang hak dan bathil. Saat mereka telah mengetahui hukum Allah, mereka akan memberikan nasehat kepada orang lain perihal kebenaran ilahi dan perihal kesabaran.

Setelah mengetahui konsep pemanfaatan waktu tersebut hendaknya kita dapat berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya supaya tidak menjadi orang yang merugi. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat menggugah, sukses selalu dan barakallah

07 Dec
Balas

Iya bu, seling mengingatkan saja, terima kasih atas doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat ibu. Barakallah juga buat ibu.

07 Dec

Aamiin, penyejuk pagi untuk muhasabah diri, terimakasih pak Mulya. Semoga selalu sehat, sukses dan bahagia selalu. Barakallah.

07 Dec
Balas

Iya bu hanya saling mengingatkan akan pentingnya waktu. Terima kasih atas doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

07 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali