Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Penting! Memilih Tema Tulisan di Gurusiana

Penting! Memilih Tema Tulisan di Gurusiana

Menulis di gurusana silahkan. Bentuk-bentuk tulisan yang akan ditulis sudah disediakan berupa opini, PTK, best practice, reportase, kolom, cerpen, resensi, dan parenting. Seorang gurusianer (sebutan anggota blog gurusiana) jika mau menulis sesuai bentuk tulisan silahkan.

Berdasarkan pengalaman saya menulis di gurusiana tidak semua tema tulisan disukai oleh gurusianer/pembaca. Mengapa demikian karena orientasi pembaca sesuai dengan keinginanya? Penulis tidak bisa memaksakan pembaca untuk membaca tulisan kita. Maka yang harus kita lakukan adalah mengubah taqdir bagaimana membaca mau membaca tulisan kita. Salah satunya adalah pada tema tulisan. Apa tema yang mau ditulis digurusiana? Pengalaman saya di gurusiana tema-tema yang banyak peminatnya untuk dibaca yaitu:

  1. Tema faktual, menulislah tema faktual yang tema kekinian, tema yang sedang viral di media sosial/gurusiana. Secara logika tema tersebut akan banyak dicari oleh mesin pencarian di internet. Semua orang penasaran akan informasi yang viral. Mereka melakukan berbagai cara untuk mengetahui informasi secara utuh. Mungkin supaya seseorang tidak dikatakan kudet (kurang update). Contohnya pada artikel populer hari ini tulisan pak Eko Prasetyo nangking diurutan pertama dengan judul "Waspada! Kasus Mabuk Air Rebusan Pembalut Bekas". Judul tersebut sangat faktual sehingga patut di contoh dalam hal tema faktual tulisan.
  2. Tema kebermanfaatan, memilih tema tulisan yang bermanfaat perlu dipertimbangan. Misalnya blog gurusiana merupakan kumpulan penulis dengan berbagai latarbelakang. Ada penulis pemula, menengah, dan senior. Juga ada penulis amatir dan profesional. Sehingga tema tulisan yang pas adalah tentang menulis. Lihat judul tulisan penulis populer bapak M.Maghfur Qumaidi dengan judul "Metode MAS cara mudah menulis artikel". Tema tersebut seakan memberikan solusi kesulitan dalam menulis artikel. Cocok dengan konsep yang di tawarkan metode MAS (Masalah-Analisis-Solusi). Walapun praktiknya tidaklah mudah.
  3. Tema tulisan yang sedang viral di Gurusiana, jika dibaca tulisan-tulisan di gurusiana, menurut saya tema yang sedang viral adalah "Lomba Mengkoreksi Tulisan" yang disampai oleh penulis populer bapak Edi Praseyto. Artikel tersebut menjadi artikel poluler hari ini urutan ketiga. Berapa banyak tulisan-tulisan yang merespon tantangan pak Edi? Bahkan ada artikel yang melihat dari sudut pandang berbeda tentang peran pak Edi dalam memberikan tantangan lomba mengkoreksi tulisan tersebut.
  4. Tema tulisan tentang penulis populer, mau banyak pembaca di gurusiana maka tulislah tema tulisan tentang gurusianer populer. Ada 6 penulis populer tinggal dipilih dan ditulis profil, tulisan, memberikan julukan kepada mereka sebagai penulis populer.
  5. Tema tulisan yang menarik pembaca, menulis apa yah? pikirkan? kira-kira apa yang menarik untuk dibaca oleh orang lain. Mau menulis untuk kalangan siapa? Saat yakin bahwa tema tulisan sudah menarik pembaca eksekusi menjadi artikel. Akan tetapi itu sifatnya asumsi sehingga serahkan taqdir tulisan kita pada waktu. Apakah betul/meleset tema tulisan kita menarik pembaca.

Dengan demikian maka menjadi penting, memilih tema tulisan di gurusiana. Menulis di gurusiana, mau memilih jenis tulisan tertentu silahkan? Temanya bisa yang berpotensi banyak pembaca atau tidak, itu pilihan. Bebas juga tanpa terikat tema silahkan?

Apakah jenis tulisan yang akan dibuat berupa opini, PTK, best practice, reportase, kolom, cerpen, resensi, perenting, novel, puisi, dan lain sebagainya, silahkan? Setiap penulis memiliki kemerdekaan pikiran dalam menulis. Tidak terkungkung rasa yang dapat menghambat menulis.

Mau terikat dengan tema tertentu, silahkan! Mau menjadi penulis yang medeka, juga silahkan!. Mau menulis yang banyak pembacanya, silahkan! atau bahkan mau menulis dengan jati diri sendiri juga, silahkan! Semuanya sah-sah saja. Begitu juga memilih tema tulisan di gurusiana juga bebas-bebas saja.

Ibarat koki, penulis hanya menyediakan tulisannya untuk dinikmati khalayak ramai. Menyediakan nutrisi hasil pemikiran untuk orang lain. Mengubah pola pemikiran orang lain kearah lebih baik/memberikan solusi sehingga dapat menambah cakrawala informasi dan ilmu pengetahuan. Menulis juga harus membaca begitu juga sebaliknya membaca juga dapat menjadi bahan untuk menulis. Yo Ayo menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar pak

08 Nov
Balas

iya bu terimakasih.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitas ibu diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Mantap kali ini tulisan.

08 Nov
Balas

iya pa, alhamudulillah jika bermanfaat.Sehat dan sukses selalu pak. Semoga segala aktivitas bapak diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Sipp.. Inspirasi menjelang istirahat yang luar biasa..

08 Nov
Balas

Ok.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitas ibu diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Nulis apa ya? Mksh, pak

09 Nov
Balas

Terserah ibu apa yang akan ditulis.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitas ibu diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Ini yang belum terpikirkan.. Terima kasih pak Mulya... Sukses selalu

08 Nov
Balas

Cari ide original pak, terimakasih sudah mampir.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitasnya diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Betul juga ya...

09 Nov
Balas

mmm sip.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitas ibu diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

mmm sip.Sehat dan sukses selalu. Semoga segala aktivitas ibu diridhoi oleh Allah Swt. Barakallah.

09 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali