Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pengobatan Penyakit Dalam Sudut Pandang Islam
http://kembiri.blogspot.com

Pengobatan Penyakit Dalam Sudut Pandang Islam

Setiap manusia pasti pernah sakit. Menurut Wikipedia, sakit adalah persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu sedangkan penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal.

Sakit sebenarnya teguran kepada setiap manusia. Bahwa sehat itu mahal sehingga saat sakit setiap orang akan merasakan bagaimana pentingnya sehat itu.

Bayangkan saja saat sakit. Makanan yang enak saat di santap saat sakit menjadi pahit. Bahkan terkadang anggota tubuh mengalami penurunan fungsi bahkan tidak bisa digerakan secara optimal. Banyak lagi keluhan yang lainnya saat sakit.

Islam memandang sakit menurut Hadist yang diriwayatkan dari sahabat Abdullah ra yaitu:

"Tidaklah seorang muslim ditimpa suatu penyakit, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosanya, seperti daun-daun pohon yang berguguran" (hadist Bukhari)

hadist ini sangat jelas, bahwa sakit yang dialami seseorang akan menghapus dosa-dosanya dengan catatan saat sakit selalu mengingat Allah Swt. Islam juga mengajarkan bagaimana tatacara salat saat sakit. Misalnya mengerakan anggota tubuh saat sakit bahkan dapat pula dengan kedipan mata sekalipun. Permasalahan air juga jika menjadi kendala memperparah sakit, maka dapat melakukan tayamum.

Pengobatan yang umumnya di lakukan oleh seseorang yaitu istirahat dengan cukup, andaikan masih sakit dapat mengkonsumi obat herbal (direkomendasikan) dibandingkan obat kimia. Obat kimia sifatnya racun bagi organ tubuh jika mengkonsumisnya berlebihan akan ada efek samping.

Andaikan belum sembuh juga dapat pergi ke dokter untuk berobat. Jika belum sembuh juga dapat kerumah sakit sehingga dapat diobservasi lebih mendalam dan pengobatannya menjadi lebih efektif. Itulah ikhtiar seseorang saat sakit. Lalu bagaimana pengobatan menurut Islam?

Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin mengatur juga perihal pengobatan?Islam meyakinkan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya sebagaimana yang terdapat dalam hadist shahih Bukhari menyatakan:

Dari Abu Hurairah" Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan pula obatnya"

Sedangkan dipertegas hadist dari sahabat Ibnu Abas yaitu:

Penyembuh itu ada dalam tiga perkara yaitu minum madu, irisan bekam, bercanduk dengan api, dan saya melarang umatku dari becanduk dengan api"

Sedangkan Aisyah, saya mendengar Nabi bersabda Jinten hitam ini merupakan obat seluruh penyakit kecuali Saam! Saya bertanya apakah itu Saam itu? Jawab Nabi Kematian.

Jelaslah sudah jika ingin mengobati penyakit dengan cara Islam. Manusia hanya berusaha melakukan iktiar untuk kesembuhan.

Semoga saja kita selalu sehat dan dapat menjalankan titah ilahi yaitu beribadah kepada Allah Swt. Sukses sebagai makhluk dunia dan kelak saat nyawa meninggalkan tubuh dapat meraih Surga-Nya, Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul sekali pak guru madu dan bekam pengobatan islami. Barakallah

05 Oct
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali