Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Ada Apa dengan PPDB MAN 2 Tangerang?

Ada Apa dengan PPDB MAN 2 Tangerang?

Madrasah sebagai lembaga pendidikan selain sekolah turun serta dalam dinamisasi proses pendidikan di negara Indonesia yang kita cintai ini.

Ibarat Indonesia Ibu Pertiwi memiliki 2 (dua) anak kembar dalam lembaga pendidikan di negeri ini yaitu Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama.

Lembaga pendidikan sama mulai dari jenjang terendah sampai dengan tertinggi. Tujuannya sama untuk mencapai tujuan pendidikan walaupun cara pengelolaanya diserahkan kepada kementerian yang bersangkutan dengan sama-sama menerapkan kurikulum nasional. Akan tetapi di Kementerian agama selain kurikulum nasional ditambah dengan kurikulum kementerian agama.

Saat menjelang tahun ajaran baru PPDB dilakukan baik di sekolah dinas maupun madrasah di kementerian agama.

Zaman now PPDB di MAN 2 Tangerang (MANDUTA) menerapkan sistem komputerisasi dengan pendaftaran siswa baru melalui internet dengan memanfaatkan web madrasah.

Melalui web sekolah dinformasikan semua perihal pelaksanaan PPDB mulai dari pembukaan, proses pendaftaran jalur nontes dan tes, tanggal pelaksanaan tes, pengumuman kelulusan, daftar ulang, psykotes, masa pengenalan lingkungan madrasah, dan kapan proses pembelajaran di mulai.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk memasukan putra/i lulusan MTs/SMP ke MANDUTA. Peserta membludak sehingga seleksinya dilakukan sesuai dengan kuota kelas yang terdapat pada juknis PPDB. Seleksi terkait tes akademik, BTHQ (Baca Tulis Hafalan Quran), wawancara, dan melampirkan berbagai prestasi akademik dan nonakademik pada level tertentu.

Alhasil saat diumumkan dari kurang lebih 700 siswa 2/3 peserta tidak diterima karena rombongan belajar kelas X hanya ada 6 kelas (3 jurusan MIA, 2 IIS, dan 1 IIK). Tangisan siswa/i yang mau masuk ke MANDUTA pecah. Ada tangisan kegembiraan karena diterima ada juga tangisan kesedihan karena tidak diterima.

Motivasi peserta didik baru memilih MANDUTA bukan tanpa alasan. Lokasinya yang berada di pinggir jalan nasional di Jl. Raya Serang yang menghubungkan DKI Jakarta selaku Ibu Kota negara dengan Ibu Kota Banten yaitu Serang.

Selain itu MANDUTA memiliki program banyak program unggulan yaitu berbagai MPK/OSIS dan ekskul dengan segudang prestasi Nasional, Tim OSN/KSM, Tahfid, Dai, tadarus pagi, Karya Ilmiah Remaja (KIR), menulis dan publikasi, Robotik, berbagai bidang olahraga, kedisiplinan, dan lain sebagainya. Berbagai prestasi program unggulan juga sudah menasional.

Wajar sekiranya jika siswa yang berprestasi tertantang untuk belajar di MANDUTA. SNMPTN dan SBMPTN dari MANDUTA banyak diterima diberbagai jurusan di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Alumni MANDUTA sudah mewarnai kancah nasional sejak dinegerikan pada tahun 1999.

Keberhasilan proses pendidikan sebenarnya banyak faktor yang menentukan seperti lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan, kualitas guru, input dan output siswa lulusan, keberpihakan komite madrasah, dukungan dari kelembagaan pihak terkait, dan kesemuanya adanya sinergitas sehingga terbentuk kemapanan konsep pendidikan yang diterapkan pada suatu lembaga pendidikan termasuk di MANDUTA.

Semoga saja akan lahir pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas, terampil, mandiri, dan berakhlak mulia sesuai dengan visi MAN 2 Tangerang. Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat. Selamat datang siswa/i baru MANDUTA angkatan 13 tahun pelajaran 2018/2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Luar biasa MANDUTA, dengan beragam prestasinya, Madrasah Hebat Bermartabat pak Mulya

09 May
Balas

Alhamdulillah, di Medan pun animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah meningkat pesat pak. Menyekolahkan anak di Madrasah mendapat 2 keuntungan dunia dan akhirat. Saya mengajar di SMA, tetapi 5 orang anak saya semuanya alumni MAN 1 Medan. Selamat untuk MANDUTA ya...pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali