Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Posisi Penelitian Kuantitatif pada PTK

Posisi Penelitian Kuantitatif pada PTK

Dunia penelitian berbagai paradigma (model) penelitian diungkapkan oleh banyak tokoh. Menurut Cresswell, J.W. dalam bukunya yang berjudul research design: Qualitatife, Quantitatif, and Mix Metode (2014) membagi tiga model penelitian yaitu kualitatif, kuantitatif, dan campuran antara kualitatif dan kuantitatif (mix metode).

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih melalui analisis data berbentuk angka-angka. Saat hipotesis telah dirumuskan sebelumnya harus dibuktikan kebenarannya berdasarkan hubungan antar variabel.

Data kuantitatif diperoleh melalui pengukuran terhadap variabel dengan menggunakan instrumen berbentuk alat uji dan/atau angket. Angka-angka hasil pengukuran diolah menggunakan statistik inferensial untuk menyatakan apakah hipotesis diterima atau ditolak.

Langkah-langkah penelitian kuantitatif berawal dari mengajukan masalah, landasan teori (minimal 2 variabel), rumusan hipotesis, menentukan pengembangan instrumen, kemudian melakukan pengujian instrumen, menentukan populasi, sample penelitian, setelahnya melakukan pengumpulan data. Kemudian data yang diperoleh dilakukan analisis sehingga mengkrucut pada kesimpulan dan saran.

Kesemua tahapan tersebut dalam penelitian kuantitatif harus dapat difahami oleh si penelitian. Apabila tahapan tersebut tepat maka tujuan penelitian akan tercapai.

Penting untuk diperhatikan dalam metodologi penelitian kuantitatif memuat harus tujuan penelitian, tempat dan waktu penelitian, metode yang digunakan, populasi dan sampel penelitian, instrumen yang digunakan, serta teknik analisis data yang digunakan.

Teknik analisis data pada penelitian kuantitatif adalah hal yang terpenting karena analisis dan penafsiran data akan memberikan makna yang berguna untuk memecahkan masalah-masalah yang diteliti.

Setelah data dianalisis menggunakan statistik perlu dijelaskan secara seksama melalui tafsir dan uraian tentang apa makna data yang telah ditemukan dan dapat dibuktikan secara teoritik. Sehingga suatu penelitian dapat memberikan arti bagi kehidupan dalam pengambilan keputusan, penerapan kebijakan, dan pemecahan masalah lainnya.

Dimanakah posisi pendekataj kuantitatif pada penelitian PTK? Pola pikir kuantitatif menggunakan pola pikir kualitatif. Pola pikir kuantitatif berada pada posisi menentukan tindakan, membangun kerangka berpikir, dan merumuskan hipotesis dengan menggunakan pola berpikir deduktif.

Selain itu pola pikir deduktif pada PTK dalam pola penelitian kuantitatif apabila menggunakan teknik survei dengan instrumen tes dan angket.

Data diolah menggunakan statistik deskriptif/uji hipotesis menggunakan statistik inferensial apabila diperlukan.

Penelitian kuantitatif harus bersandingan dengan penelitian kualitatif ketika menentukan fokus masalah, merumuskan masalah, mengumpulkan data, mengolah data, dan menyusun kesimpulan.

Pada dasarnya fokus masalah dalam PTK adalah masalah sosial berkaitan dengan perilaku sosial manusia yang dinamis dan bagaimana memperbaikinya. Dengan fokus penelitian diarahkan pada perubahan.

Sehingga sejalan dengan pemikiran Cresswell bahwa PTK memasukannya kedalam penelitian tindakan (action research) dalam kelompok combined design artinya PTK mengunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap pak bisa belajar nih saya

16 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali