Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Pendidikan di Indonesia Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?
https://www.shalaazz.com

Pendidikan di Indonesia Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Maju atau tidak suatu negara tergantung pada kualitas penduduknya. Semakin baik kualitas penduduk suatu negara, maka akan semakin maju. Wajar jika indikator penentu kualitas penduduk yang terpenting adalah pendidikan, setelahnya kesehatan, dan tingkat pendapatan.

Pendidikan bisa dilakukan melalui pendidikan formal (sekolah/madrasah/kampus), nonformal (berbagai kursus), maupun informal (belajar secara autodidak). Lalu mana pendidikan yang paling efektif? Tidak lain adalah pendidikan formal.

Mengapa pendidikan formal lebih efektif? Pendidikan formal memiliki sistem yang sudah sangat baik. Sistem pada setiap lembaga pendidikan sudah dilakukan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Alumnus-alumnusnya sudah mewarnai sejarah negara ini. Siapa yang tidak mengenal taman siswa, lembaga pendidikan Muhammadiyah, ITB, UGM, UI, dan lain sebagainya.

Lalu sebenarnya proses pendidikan di Indonesia itu siapa yang harus bertanggung jawab? Tidak adil jika semuanya dibebankan pada guru saja. Ada unsur lainnya yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia, yaitu:

  1. Pemerintah, pendidikan pada suatu negara tentunya menjadi tanggung jawab pemerintah sebagai pemegang kebijakkan tertinggi. Pelaksananya kementerian pendidikan dan kementerian agama. Berbagai kebijakkan diambil pemerintah seperti perizinan pendirian lembaga pendidikan, pembangunan lembaga pendidikan dari tingkat terendah sampai dengan tertinggi, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, pemberian Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai bantuan pembiayaan lainnya, peningkatan kualitas guru, membuat acuan kurikulum, dan kesejahteraan para guru/dosen, dan berbagai regulasi terkait pendidikan. Selain itu ada lembaga pendidikan swasta juga turut berperan. Jika pemerintah memberikan regulasi terbaik maka pendidikan akan maju, begitu juga sebaliknya. Terbaru adalah zonasi yang kontroversial.
  2. Orang tua, setiap orang tua bertanggung jawab terhadap putra/inya. Seorang ibu saat hamil, sudah bisa memberikan pendidikan pada sang bayi. Ayah harus menjaga stabilisasi emosional istrinya saat mengandung. Setelah bayi lahir, merawatnya, memberikan pendidikan agama dan umum yang terbaik terhadap anak selama balita. Saat usia sekolah, orangtua akan memasukkan putra/i ke sekolah yang terbaik. Memilih lingkungan yang ramah anak dan bersih. Memilih teman-teman sepermainan yang baik. Serta mencukupi semua kebutuhan anak yang sifatnya positif. Jika itu dilakukan anak akan memiliki dasar pendidikan di keluarga yang baik. Jika orang tua tidak memberikan yang terbaik, maka anak akan bersikap sebaliknya
  3. Lembaga pendidikan, setiap lembaga pendidikan turut bertanggungjawab terhadap kualitas lulusannya. Mulai dari melengkapi sarana dan prasarana pendidikan juga kualitas tenaga pengajar yang baik. Sistem yang dibangun juga harus yang terbaik sehingga proses pendidikan dapat berjalan efektif. Contohnya lembaga pendidikan yang menerapkan disiplin hasilnya akan berbeda dengan lembaga pendidikan yang tidak menerapkan kedisiplinan.
  4. Kepala sekolah/madrasah, setiap lembaga pendidikan tentunya membutuhkan pemimpin yang tegas, adil, jujur, berwibawa, berkharisma, dan memiliki visi dan misi yang jelas. Memahami bagaimana cara memimpin yang baik mengoptimalkan potensi bawahan, dan memiliki target yang jelas dalam mencapainya. Semakin baik kepemimpinan seseorang maka akan semakin maju suatu lembaga pendidikan. Begitu juga sebaliknya, jika pemimpinnya kurang baik, maka akan berpengaruh dengan lembaga yang dipimpinnya.
  5. Guru, guru merupakan unsur terpenting dalam pendidikan. Mengapa? Seorang guru harus profesional seperti berpendidikan sesuai bidang yang diampu, dapat merencanakan pembelajaran, melakukan pembelajaran menguasai metode dan model pembelajaran, membuat soal/evaluasi, melakukan penilaian, mampu memberikan program tindak lanjut (pengayaan dan remedial), memiliki kemampuan literasi, sikap dan perilaku yang dapat diteladani, dan pembelajar. Jika gurunya demikian maka kualitas pendidikan akan sangat baik, jika tidak hasil proses pendidikan akan menjadi sebaliknya.
  6. Siswa yang bersangkutan, siswa sebagai seorang pribadi hendaknya juga dapat bertanggung jawab terhadap pendidikannya sendiri terutama pada level SMA/MA/SMK. Siswa pada level ini perlu aturan yang tegas supaya tidak melakukan penyimpangan sosial. Sedangkan pada level pendidikan yang lebih rendah masih perlu motivasi, bimbingan, dan arahan dari orangtua/guru.

Sekiranya setiap orang harus memahami bahwa tanggung jawab pendidikan tidak hanya dibebankan pada guru. Ada juga pihak lain. Perlu sinergi semua unsur terkait supaya proses pendidikan berjalan dengan baik.

Semoga semua proses pendidikan berjalan dengan sesuai harapan. Dengan demikian, maka tujuan pendidikan akan tercapai. Jika tujuan pendidikan tercapai, maka kualitas pendidikan juga akan tercapai. Pastinya kualitas penduduk Indonesia bisa tercapai. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Paparan yang mantap Pak Mulya. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 Jul
Balas

Terima kasih bunda atas doa dan apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Vivi

09 Jul

Sukses selalu

12 Jul
Balas

Berbahagia kita berada di dalamnya. Smoga berkah. Aamiin YRA

09 Jul
Balas

Iya bunda. Alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

09 Jul

Berharap Pendidikan di Indonesia terutama di daerah makin baik. Tulisan mantul, mantap betul

10 Jul
Balas

Iya setuju bunda. Aaminn ya Allah. Terima kasih atas komentarnya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

12 Jul
search