Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pilkada Serentak

Pilkada Serentak "Awas Jangan Salah Pilih"

Jika kita menyaksikan tayangan televisi sebelum hari ini. Ada tayangan debat antar calon bupati/walikota/gubernur di Televisi Republik Indonesia (TVRI) maupun televisi swasta. Mulai calon tunggal vs kotak kosong sampai dengan calon yang lebih dari dua.

Pada acara tersebut mulai dari pemaparan visi dan misi, program kerja jika terpilih, dan debat perihal program yang akan dilakukan. Para pemilih cerdas sebenarnya sudah dapat menyimpulkan profil pemimpin yang akan dipilih. Tentunya hal tersebut dilakukan supaya pemilih lebih mengenal calon pemimpinnya.

Kemudian memasuki masa tenang, tidak ada lagi atribut kampanye dan bersiap diri untuk menghadapi pilkada yang akan dilakukan hari ini.

Walaupun masa tenang di media sosial berbagai kampanye berseliweran tidak dapat dibendung ajakan untuk memilih calon tertentu bertebaran di wall media sosial. Menyikapi keadaan tersebut maka pemilih harus cerdas mengunakan hak pilihnya. Awas jangan salah memilih. Pilihlah sesuai hati nurani.

Pilkada merupakan pesta demokratis. Hari ini, Rabu, 27 Juni 2018 secara serentak dilaksanakan pemilihan umum untuk bupati dan wakil bupati, walikota dan wakilnya, serta gubernur dengan wakilnya di beberapa wilayah di Indonesia.

Pemilihan tersebut dilakukan secara langsung oleh rakyat sesuai dengan status domisili. Hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat sebelum melakukan pemilihan adalah mengenal siapa calon yang akan dipilih. Sepak terjang calon dalam dunia kepemimpinan dan partai politik pengusungnya.

Cara yang baik adalah setiap orang atau pemilih melakukan kajian dan analisis terhadap profil calon.

Zaman now banyak informasi tentang profil calon tentunya harus diperhatikan media pemberi informasi yang dipilih harus kridibel bukan media penyebar hoak (berita bohong).

Setelah mendapatkan informasi secara utuh tentang profil calon dan kiprahnya kemudian lihat partai politik yang mengusungnya. Penting untuk melihat profil partai mengapa? Jika seorang pemimpin terpilih dari partai politik tertentu, ada istilah "pemimpin terpilih adalah petugas partai".

Apakah kita mau pemimpin yang kita pilih bekerja untuk partainya bukan untuk rakyat. Padahal filosofinya seharusnya tidak demikian. Siapapun calon terpilih harus menghibahkan dirinya untuk rakyat pemilihnya.

Idealnya saat seseorang terpilih melalui pilkada sebagai pemimpin. Orang tersebut adalah orang terbaik partai yang rela "mewakaqkan jiwa dan raganya untuk kepentingan rakyat" mengapa demikian karena dirinya dipilih mayoritas masyarakat di wilayah domisilinya. Partai politik harus rela di nomor duakan dengan rakyat. Suara rakyat adalah suara tuhan. Bukannya malah memanfaatkan rakyat untuk kepentingan partai politik.

Seseorang saat terpilih harus berjuang untuk mensejahterakan rakyat dan wilayah pemilihnya, melaksanakan amanat rakyat, dan melaksanakan semua program yang telah disampaikan saat kampanye saat pencalonanya. Janji adalah hutang. Janji dapat ditagih di akhirat oleh yang maha kuasa.

Marilah gunakan hak pilih dengan mengunakan hati nurani. Pemimpin yang terpilih akan menentukan nasib kita 5 tahun kedepan. Baik atau buruknya pemimpin terpilih adalah hasil pilihan mayoritas.

Semoga pemimpin terpilih adalah pemimpin amanah, bertanggungjawab, berjuang untuk rakyat, serta beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siapapun yang terpilih nanti semoga menghasilkan pemimpin yang terbaik, amanah dan aspiratif terhadap warganya, aamiin... Suksesnya Pilkada merupakan kemenangan kita semua sebagai warga negara.

27 Jun
Balas

Iya, semoga kepala daerah yang terpilih dapat amanah dan jauh dari korupsi

27 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali