Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik Menjadi Batako Melalui Proses Pemanasan
Dokumentasi Penulis

Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik Menjadi Batako Melalui Proses Pemanasan

Zeha Kirana dkk merupakan kelompok karya Ilmiah kelas XI MIA 3 MAN 2 Tangerang. Mengangkat masalah sampah supaya lingkungan hidup dapat terjaga. Terhindar dari masalah sampah yang jumlahnya semakin mengila dan sulit terurai.

Judul karya ilmiahnya "Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik menjadi Batako melalui Proses Pemanasan" Latar belakangnya adalah keprihatinan akan banyaknya sampah plastik. Mencoba mencari solusi untuk menghasilkan suatu produk hasil dari olahan sampah organik dan anorganik.

Produk hasil pengolahan berbahan sampah, mereka memilih berupa batako. Alasannya batako merupakan kebutuhan utama dalam pembangunan. Sampah yang jumlahnya banyak jika didaur ulang pemanfaatannya sangat tinggi dan sejalan dengan pembangunan.

Bahannya adalah keringkan sampah plastik 1 kg, serbuk kayu dan sekam padi masing-masing 100 gram, khusus sekam digiling halus, pasir kering 500 gram, dan minyak sayur 1 sendok makan supaya adonan batako tidak menempel pada cetakan.

Caranya sediakan panci, panaskan, masukan bahan-bahan, dan aduk. Setelah bercampur cetakan berikan alumunium poil, oleskan dengan minyak sayur. Diamkan selama 30 menit, batako akan dingin dan seukuran batu bata. Cetakan terbuat dari alumunium.

Jika 1 batako umumnya dipasaran harganya Rp. 2.450. Jika olahan batako buatan siswa kami karena bahannya berasal dari sampah dan pasir total harganya hanya Rp. 494, belum termasuk ambil keuntungan.

Sangat ekonomis dan dapat mengurangi sampah disekitar kita. Selain dapat mengoptimalkan sampah organik (serbuk kayu dan sekam), modal yang tidak terlalu besar, dan memberikan edukasi pada masyarakat bahwa ada solusi untuk meminimalisir sampah plastik.

Terima kasih Zeha Kirana dkk. Karya ilmiah kalian sangat menginspirasi semoga ide kalian bisa menjadi alternatif dalam mengatasi masalah sampah tanpa menimbulkan masalah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat kreatif, para pemuda seperti inilah yang nanti akan menjadi penerus cita-cita bangsa. Selamat Pak Mulya, sehat n sukses..Barakallah

04 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat ibu Marlupi. Barakallah.

06 Feb

Subhanallah, kreatif sekali Pak anak MAN 2 Tangerang dibawah bimbingan Pak Mulya, dapat ciptakan karya yang luar biasa dengan memanfaatkan sampah. Kreatif, inovstif da solutif. Sukses selalu dan barakallah

04 Feb
Balas

Aamiin ya Allah, semoga kelak mereka dapat terus mengembangkan semangatnya dalam belajar. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bu Pipi

06 Feb

Siswa-siswa yang luar biasa, mereka nanti menjadi orang yang mandiri. Siapa dulu dong gurunya?.Barakallah Pak Mulya Al Bantani

04 Feb
Balas

Iya Abah. Saya mah bukan siapa-siapa, anaknya yang memang keren. Terima kasih atas apresiasinya bah. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Abah.

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali