Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Sabun Cair Melalui Cold Proses serta Analisis Tanggapan 32 Responden Kelas XI MIA 3 MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019
Dokumentasi Penulis

Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Sabun Cair Melalui Cold Proses serta Analisis Tanggapan 32 Responden Kelas XI MIA 3 MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019

Sidang karya ilmiah berlanjut. Pada sesi ini Annisa Yuliani dkk, mempresentasikan sabun cair hasil karya mereka yang berasal dari limbah kulit pisang. Jenis kulit pisang yang dipergunakan adalah limbah kulit pisang ambon.

Judul yang diangkat adalah "Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Sabun Cair Melalui Cold Proses serta Analisis Tanggapan 32 Responden Kelas XI MIA 3 MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019" Latar belakang pembuatan karya ilmiah ini adalah keprihatian akan terbuangnya limbah kulit pisang secara percuma. Berdasarkan beberapa kali uji coba, kulit pisang yang cocok adalah pisang ambon.

Pisang Ambon merupakan jenis pisang dengan nama lain cavendish. Komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia, begitu juga di Indonesia. Jenis pisang ambon juga sangat banyak seperti pisang ambon lumut, hijau, kuning, jaran, warangan, empirit, kecil, angkleng, dan badakb

Hasil kajian teori buah pisang sarat manfaat karena mengandung nutrisi dan antioksidan. Begitu juga kulitnya mengandung serotin (zat penghilang stress), menjaga kesehatan kulit sehingga kulit lebih halus dan segar. Lalu mengapa tidak dibuat sabun? Karena manfaat kulit pisang tersebut. Sabun yang dibuat adalah sabun cair karena praktis bisa dibawa kemana-mana.

Cara pembuatannya, siapkan kulit pisang sebanyak 50 gram, potong kecil-kecil kemudian blender. Tambahkan 30 ml minyak zaitun, 2 sendok susu bubuk. Setelah halus diblender masukan larutan KOH sebanyak 50 gram yang telah dicampur air 15 ml. Masukan kedalam wadah kemudian di mixer sampai tercampur rata dan diamkan selama 3 hari. Sabun siap digunakan. Berat bersih sabun cair yang diperoleh 250 ml.

Kemudian sabun cair yang sudah jadi diujicobakan kepada 32 responden dengan analisis tanggapan. Hasilnya memuaskan. Tindak ada keluhan dari respon setelah mengunakan sabut tersebut dalam rentangan waktu tertentu dengan diujicobakan kemudian mengisi angket.

Saat presentasi Annisa Yuliani dkk, menjelaskan karya ilmiahnya secara rinci, alat dan bahan, proses pembuatannya, sabunnya, dan hasil analisis tanggapan pada responden yang mengunakan.

Para penguji juga terpukau, mencoba sabun buatan mereka. Harum tetapi tidak menhilangkan nuansa harum kulit pisang ambonnya. Sukses buat kelompok Annisa Yuliani dkk, kelas XI MIA 3, bravo.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali