Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Naga Menjadi Teh Herbal Melalui Proses Pengeringan serta Analisis Tanggapan 30 Responden Kelas XI MIA MAN 2 Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2018

Karya ilmiah oh karya ilmiah. Siti Qori Rahmawati dkk siswa kelas XI MIA 2 membuat karya ilmiah tentang "Pemanfaatan limbah kulit buah naga menjadi teh herbal melalui proses pengeringan serta analisis tanggapan 30 responden kelas XI MIA MAN 2 Tangerang tahun pelajaran 2018-2019.

Karya ilmiah ini berangkat akan pentingnya buah-buahan bagi kesehatan. Salah satu buah yang sarat manfaat adalah buah naga. Akan tetapi kulit buah naga dalam jumlah yang besar menjadi limbah terbuang begitu saja. Sehingga ada keinginan membuat karya ilmiah untuk mengolah limbah kulit buah naga menjadi termanfaatkan.

Pada landasan teori diungkap bahwa buah naga disebut dragon fruit yang belum lama dikembangkan di Indonesia. Setelah dibudidayakan ternyata cocok.

Buah naga merupakan sejenis kaktus divisi spermatophyta, subdivisi angiospermae, kelas dicotyledonae, ordo cactales, famili cactaceae, subfamili hylocereanea, genus hylocereus. Spesiesnya didunia ada 4 yaitu hylocereus undatus (daging buah putih), hylocereus polyrhizus (daging buah merah), hylocereus costaricensis (daging merah super), dan selenicereus megalanthus (kulit kuning, dengan daging kuning tanpa sisik). Umumnya spesies yang dibudidayakan di. indonesia adalah buah naga merah dan putih. Bahkan buah naga putih sudah sulit ditemukan.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki sinar matahari yang cukup. Saat panas terik dan suhu panas paling enak mengkonsumi buah-buahan atau olahannya. Apakan akan dijus, dibuat sop buah, ataupun olahan lainnya. Sehingga konsumsi buah naga sangat tinggi.

Buah naga sangat mudah ditemukan di mall-mall besar atau mall kecil, dipasar-pasar tradisional bahkan ditukang buah-buahan juga banyak dijual buah naga.

Buah naga berukurannya relatif besar bisa mencapai 1 kg, akan tetapi umumnya 1/2 kg satu atau 2 buah. Buah naga dapat menghilangkan dahaga karena kadar airnya mencapai 90% dengan kadar gula 13-18 briks. Selain itu buah naga kaya akan zat vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan dan metabolisme tubuh.

Biji pada buah naga lebih dari 1000 berdasarkan hasil penelitian. Selain kandungan air yang tinggi, buah naga juga mengandung protein, serat kasar, ash, phosphorus, calsium, dan lain sebagainya. Begitu juga pada kulit buah naga memiliki banyak manfaat.

Tingginya konsumsi buah naga membuat kelompok ini mencoba mengolah limbah kulit naga dijadikan teh herbal melalui proses pengeringan.

Kulit buah naga segar dicuci bersih, kulit buah naga dipotong tipis-tipis. Kemudian kulit buah naga dijemur sampai kering 2-3 hari sehingga kadar airnya hilang, kemudian buah naga kering diblender dan dimasukan ke kantung teh. Harga jualnya hanya Rp.64. Teh herbal kulit buah naga siap dikonsumsi. Teh bisa diminum dengan gula rendah kalori atau madu. Saat minum teh juga bisa disertai cemilan lainnya.

Teh juga diujikan kepada 30 responden siswa kelas XI MIA. Guru-guru juga mencicipi teh herbal dari kulit naga buatan siswa. Warna teh yang dihasilkan berwarna merah saat dilarutkan ke air panas.

Berdasarkan uji laboratorium zat yang dihasilkan kulit buah naga yang dominan yaitu antioksidan, pektin, pentacylic triyepene dan taraxast. Jadi teh herbal berasal dari kulit buah naga sangat bermanfaat.

Karya imiah siswa kami ini sangat bermanfaat dalam kehidupan. Pertama, mampu mengoptimalkan kulit buah naga menjadi teh herbal melalui pengeringan sehingga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, kedua, sebagai solusi peralihan antara teh herbal yang beredar dipasaran dengan teh herbal berbahan dasar kulit naga, ketiga, mengenalkan teori atau pengetahuan melalui edukasi literasi pada masyarakat bahwa kulit buah naga dapat diubah menjadi teh herbal melalui proses pengeringan.

Selamat nak, karya ilmiah kalian sungguh luar biasa, kalian kupas tuntas secara ilmiah tentang buah naga, pemanfaatan kulitnyp, dan hasil olahannya berupa teh herbal yang sarat manfaat. Semoga masyarakat terinspirasi karya ilmiah yang kalian buat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kereen Pak..terimakasih ilmunya. Sukses buat siswanya..

07 Feb
Balas

Aamiin ya Allah bu Edit, semoga mereka kelak sukses. Sebagai guru kita hanya mendukung mereka dari belakang untuk kesuksesannya. Sebagai guru mengetahui mereka sukses saja sudah teramat bahagia. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Ibu Edit Kadila

07 Feb

Mantaps Pak Siswanya, terlebih guru yang membimbingnya, hingga hasilkan karya ilmiah. Sukses selalu dan barakallah

07 Feb
Balas

Berlimpah bu hasil karya ilmiah siswa. Jika ada event lomba karya ilmiah tingkat nasional kita siap turut serta. Bahkan ada hasil karya siswa sudah memiliki uji kelayakan departemen perindustrian dan perdagangan melalui uji BPOM. Sebagai guru kita turut senang, Semoga memberikan inspirasi bagi siswa lainnya. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buah bu Pipi.

07 Feb

Gurunya mantab,... siswanya hebat. Barakallah saudaraku Mulya Al Bantany

07 Feb
Balas

Sebagai guru hanya memfasilitasi dan mendampinginya saja Abah. Siswa itu sarat potensi sebagai guru tinggal mendukungnya saja. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buah Abah.

07 Feb

Sangat bermanfaat pak, entah mengapa beberapa waktu yang lalu saya juga membuat tulisa. Manfaat buah naga untuk wanita hamil. Jadi sama, intinya banyak konsumsi buah buahan, baik untuk kesehatan. Dimana bisa dapat teh herbalnya pak???

09 Feb
Balas

keren.

07 Feb
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Memang anak-anak keren banget bu. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Indah

07 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali