Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Pemanfaatan Kulit Buah Manggis Menjadi Teh Pereda Nyeri Haid dan Diare serta Analisis Tanggapan Responden Siswa/i Kelas XI MAN 2 Tangerang
Dokumentasi Penulis

Pemanfaatan Kulit Buah Manggis Menjadi Teh Pereda Nyeri Haid dan Diare serta Analisis Tanggapan Responden Siswa/i Kelas XI MAN 2 Tangerang

Sidang karya ilmiah di MAN 2 Tangerang sudah dimulai. Perdananya hari ini Sabtu, 2 Februari 2019. Sidang karya ilmiah yang pertama tampil adalah kelompok Kania Dwiyanti Santika dkk yang mengangkat judul " Pemanfaatan kulit buah manggis menjadi teh pereda nyeri haid dan diare serta analisis tanggapan 30 responden siswi kelas XI MAN 2 Tangerang tahun pelajaran 2018/2019".

Kelompok ini memaparkan karya ilmiahnya bahwa buah manggis (Garcinia Mangostana) yang selama ini hanya dimanfaatkan daging buahnya ternyata pada kulitnya yang terbuang mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Selama ini kulit manggis terbuang percuma sudah seyogyanya dimanfaatkan.

kelompok ini memaparkan bagaimana caranya kulit buah manggis tersebut diproses menjadi teh melalui proses dyring dengan ukuran yang tipis-tipis. Kemudian setelah kulit manggis di dyring disimpan dalam kemasan dan siap dipergunakanK

Cara mengunakannya disiram mengunakan air panas atau rebusan air panas sehingga zat pada kulit manggis larut dalam air sebagaimana teh pada umumnya.

Teh tersebut diuji pada responden hasilnya positif. Selama proses sidang karya ilmiah tiga guru penguji termasuk saya, mencecar dengan banyak pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan keilmiahan kelompok terkait karya ilmiah yang telah mereka hasilkan. Pertanyaan diberikan kepada siap siswa dalam kelompok tersebut oleh penguji.

Penguji tiga guru, artinya setiap siswa mendapatkan 1 pertanyaan dari setiap penguji. Ada total 3 pertanyaan peorang yang harus dijawab. Apakah perihal tata tulis karya ilmiah, isi, dan proses pembuatan karya ilmiah.

Riuh peserta memberikan semangat kepada kelompok yang tampil. Semua peserta sidang karya ilmiah rata-rata sudah menguasai materi karena proses membuah karya ilmiah selama kurang lebih 5 bulan di semester 1 dan persiapan selama 1 bulan di Januari pada semester 2.

Mereka juga mendapat bimbingan juga dari kakak kelasnya yang duduk dikelas XII dalam hal teknik presentasi yang telah malang melintang dalam berbagai lomba KIR, yang notabene dilakukannya juga saat kelas XI tahun yang lalu.

Proses sidang karya ilmiah sangat seru. Setidaknya ada iklim pembelajaran ilmiah yang siswa dapatkan. Insyaallah akan bermanfaat kelak bagi mereka saat melanjutkan pependidikan

Program karya ilmiah ini adalah program sekolah yang sinergi dengan seluruh bidang studi yang wajib diikuti oleh seluruh kelas XI. Sukses untuk kelompok ini, pasti kalian sudah lega. Sidang akan dilanjutkan oleh kelompok-kelompok lainnya. Kita tunggu judul apalagi yang akan diangkat dan disidangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kereen Pak..sangat inspiratif, teh kulit manggis. Sukses untuk Pak Mulya dan siswa-siswanya. Barakallah

02 Feb
Balas

Iya bu. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Marlupi

03 Feb

Program yang sangat bagus Pak. Pembiasaan menggunakan metode ilmiah

02 Feb
Balas

Aamiin. Jika memang positif kenapa tidak dilakukan sebagai pembiasaan. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Ibu Surip

03 Feb

Mantap pak. Inspiratif. Sukses selalu ya pak. Barakallah

02 Feb
Balas

Aamiin, terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

03 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali