Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Olahraga Jangan Dinodai Dengan Menghina Agama Orang Lain
Fox Sport

Olahraga Jangan Dinodai Dengan Menghina Agama Orang Lain

Olahraga berasal dari bahasa inggris yaitu sport, kata sport menurut UNESCO adalah “setiap aktivitas tubuh berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri kita sendiri”. Selama ini olahraga dilakukan untuk kebutuhan kesehatan tubuh juga pertandingan untuk menjadi juara. Olahraga dapat dilakukan secara individu maupun tim.

Berbagai cabang olahraga perseorangan ataupun tim terus bermunculan. Salah satu diantaranya olahraga seni beladiri seperti tinju, Karate, Gulat, Pencak Silat, Tae Kwon Do, Judo, Jujitsu, Thai Boxing, dan lain sebagainya. Kemudian ada ide "gila" awalnya hanya di dunia film tentang tarung bebas antar aliran beladiri. Ide tersebut akhirnya dapat direalisasikan dengan mempertemukan aliran beladiri di seluruh dunia dalam satu ring. Ring tempat perdingan olahraga disebut Oktagon.

Kemudian muncul berbagai kompetisi tarung bebas seperti Ultimate Fighter Champion (UFC), Mixed Martial Art (MMA), The One, dan lain sebagainya. Pertandingan olahraga ini bukan main-main. Seseorang harus mencapai level tertinggi aliran beladiri tertentu kemudian dipertemukan di oktagon. Saat pertandingan setiap atlet bebas mengunakan pukulan, sikutan, tendangan, maupun kuncian. Pelindug terbatas hanya untuk melindungi gigi dan sarung tangan pertandingan.

Saat bertanding terkadang wajah atlet lebam-lebam bahkan berdarah-darah. Atlet yang bertanding profesional sehingga cedera tidak begitu parah. Andaikan atlet indikasi tidak mampu bertanding lagi maka wasit akan menghentikan pertandingan sesuai dengan aturan. Makanya wasit pada pertandingan tersebut sangat profesional untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Saat sisi bisnis masuk ke pertandingan olahraga maka ada bumbu-bumbu pertandingan dibuat semenarik mungkin sehingga ada intrik sebelum pertandingan. Ada istilah badboy dan goodboy. Ada atlet sikapnya berprilaku buruk (badboy) dan ada atlet bersikap baik (goodboy). Dalam dunia olahraga tersebut di Amerika Serikat (AS) adalah hal biasa. Olahraga di AS bisa dikatakan sebagai judi, pusatnya judi adalah Las Vegas. Setiap pertandingan tarung bebas seolah disetting sedari awal, mana atlet yang badboy mana atlet yang goodboy. Jika kedua atlet goodboy pertandingan tidak laku di jual. Siapa yang tidak mengenal Conner Mc Gregor Atlet UFC asal Irlandia yang terkenal dengan badboynya. Berbagai sikap dan perilakunya yang rasis, kasar, dan tidak mengenal aturan di luar oktagon.

Terbaru adalah duel UFC antara Conor McGregor vs Khabib Nurmagomedov (Juara UFC). Pertandingan ini sungguh berbeda karena berbagai intimidasi dilakukan Conor McGregor mulai dari pelemparan kursi ke bus Atlet UFC oleh McGregor bersama timnya. Kaca bus pecah dan tim Khabib Nurmagomev mengalami cedera akibat terkena pecahan kaca. Selain itu saat konferensi pers McGregor membawa alkhohol dan menawari Kbabib untuk meminumnya. Khabib menolak karena dia atlet muslim berkewarganegaraan Rusia. Puncaknya saat pertandingan UFC diantara mereka pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 di Las Vegas Amerika Serikat Khabib berhasil mengalahkan Mc Gregor pada ronde ke 4 dimana dijadwalkan 5 ronde dengan teknik kuncian. McGregor memberikan tanda menyerah kepada wasit.

Pada pertandingan tersebut dinodai dengan tindakan tidak sportif. Tim pelatih McGregor mengatakan bahwa ayah Khabib dan Islam adalah teroris. Khabib lahir dan dibesarkan dari keluarga muslim yang taat. Ketika seorang muslim dihina karena agamanya maka semangat jihad/membela agamanya akan muncul. Seorang muslim akan melakukan apapun untuk mempertahankan agama Islam yang dianutnya.

Seharusnya olahraga tidak mengunakan simbol-simbol agama untuk menghina/memprovokasi lawan untuk tujuan apapun. Olahraga jangan dinodai dengan menghina agama lain. Jika itu dibiarkan maka potensi terjadi konflik sangat besar. Agama urusan pribadi dengan tuhannya. Jika ada pihak lahin memasuki ranah privasi seseorang dalam hal agama maka akan memicu konflik antaragama dan sangat berbahaya.

Biarkanlah olahraga dengan perannya yaitu melakukan aktivitas untuk melatih seseorang dalam hal jasmani dan pikiran/rohani (olahraga catur, bridge, memanah/konsentrasi, dan lain sebagainya). Raihkan prestasi dalam berbagai event olahraga yang dilaksanakan secara individu maupun tim tetapi tetap mengedepankan sportivitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih untuk informasinya, jadi tambah pengetahuan tenting oxtagon

10 Oct
Balas

ok bunda

10 Oct

Betul, pak guru. Kemarin anak saya juga menunjukkan videonya yang sedang viral. Tapi memang begitulah, seperti firman Allah bahwa "Mereka tidak akan ridho pada Islam sampai kapanpun hingga kita mengikuti mereka." Semoga toleransi kehidupan beragama di negeri tercinta senantiasa terjaga. Aamiin ya robbal alaamiin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah,pak guru.

10 Oct
Balas

iya bu, sejarah memang terjadi pada UFC dimana juara dunianya adalah seorang muslim, insya Allah di Indonesia aman selalu hidup rukun dan damai

10 Oct

Betul sekali pak, barakallah

10 Oct
Balas

Iya bunda, alhamdulilah kalau di Indonesia rukun dan damai antaratlet beda agama

10 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali