Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Nyawa Manusia Teramat Berharga (Kasus Bom Surabaya)
https://goo.gl/images/YhlNMD

Nyawa Manusia Teramat Berharga (Kasus Bom Surabaya)

Islam meyakini bahwa nyawa manusia itu hanya satu. Saat meninggal maka selesai sudah kiprahnya di dunia. Tinggal mertanggungjawabankanya di alam kubur kelak setelah dikebumikan.

Penyataan mendasar adalah untuk apakah nyawa kita gunakan? Apakah berbuat kebaikan, kesia-siaan, berjihad dijalan Allah, atau tewas karena kebodohan dalam pemahaman konsep jihad.

Pemahaman pada setiap orang tentang kehidupan pasca dunia berbeda. Semuanya tergantung kepada pemahaman seseorang tentang konsep agama dalam perspektif doktrin yang dicekokin pada pemikiran setiap orang.

Jika akidah dasarnya lemah ibarat layang-layang putus tergantung angin yang mengarahkannya kearah mana akan bergerak. Dokrin apapun mudah masuk ke otak dan menjadi landasan pemikiran.

Lain halnya jika dasar akidahnya kuat, doktrin apapun tidak akan masuk karena seseorang telah memahami/menyakini konsep dasar awal akidah/ketuhanan yang benar.

Doktrin ekstrem terkadang dimasukan kelompok radikal pada pemikiran seseorang sehingga memiliki konsep keliru tentang makna pengorbanan nyawa atas nama jihad. Parahnya kelompok radikal terorganisasi atas nama perjuangan yang keliru.

Kekeliruan tersebut memicu munculnya berbagai pengantin eksekutor bom bunuh diri. Mengatasnamakan pengorbanan nyawa untuk mendapatkan surga. Surga yang hanya mimpian ataukah surga sebagaimana yang Allah janjikan sebagai hadiah jihad. Padahal keadaan tersebut rahasia ilahi.

Ada yang terlupakan. Kehidupan pasca dunia adalah ghaib. Tidak kasat mata. Siapa yang mengetahui kehidupan pasca kematian selain Allah dan yang bersangkutan saat meninggal seperti apakah nasibnya setelah kematiannya.

Siapapun kita, sadarilah bahwa nyawa manusia itu teramat berharga. Hidup hanya sekali. Buat apa hidup jika harus ke neraka. Hiduplah untuk surga caranya jadikan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Semoga saat kita meninggal dengan cara yang baik. Cukup bekal untuk alam kubur sehingga alam kubur menjadi taman surga. Taman dimana hanya menunggu hari berbangkit kita akan segera ke Surga-Nya.

Apapun yang Allah ciptakan didunia tentunya ada tujuan penciptaannya. Akan tetapi sejarah manusia yang harus selalu diingat adalah pembangkangan iblis saat menolak perintah Allah untuk sujud kepada Adam.

Nah kita sebagai anak dan cucunya Adam adalah Terget iblis untuk senantiasa dibujuk supaya ikut serta bersamanya mengisi neraka secara bersama.

Belajar dari kasus bom bunuh diri Surabaya. Konsep tersebut salah dalam penerapan. Situasi dan kondisinya berbeda. Bukan ketika Islam sedang dalam ancaman musuh. Akan tetapi kelompok ini menciptakan teror akan kerukunan umat beragama sebagaimana ajaran Nabi Agung Muhammad SAW.

Nyawa itu teramat berharga jangan pernah disia-siakan saat masih dikandung badan. Nyawa si korban juga sangat teramat berharga bagi keluarga besarnya. Siapa pemberi nyawa Allah SWT. Hal beliau lah kapan akan mengambil nyawa kita melalui tangan sang malaikat Ijroil.

Semoga kejadian bom bunuh diri tidak lagi terjadi sehingga nyawa-nyawa manusia tidak hilang dalam kesia-siaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Islam rahmatan lil alamin. Semoga semua mengerti. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah..pak guru.

13 May
Balas

Iya bunda, ada saudara kita yang salah pemahaman

14 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali