Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Minuman Berbahan Teh
Dokumentasi Penulis

Minuman Berbahan Teh

Zaman now banyak sekali aneka minuman kemasan. Jika diperhatikan hampir semua jenis minuman ada seperti minuman berbahan dasar susu, buah-buahan, jamu, berbahan dasar teh, dan lain sebagainya.

Saya perhatikan khusus minuman berbahan dasar teh harganya relatif mahal. Mengapa mahal? Maklum saja ada beban biaya pembuatan botol, brand, biaya produksi, bahan, biaya transportasi, dan gaji karyawan. Belum lagi keuntungan toko yang menjualnya. Padahal membuat minuman berbahan teh itu sangat mudah dan cepat proses pembuatannya.

Bahan minuman teh sangat mudah hanya teh, gula putih, dan air panas. Jika akan di variasikan, saat teh sudah jadi tinggal ditambakan jeruk nipis, tambahkan es, maka tehnya disebut nipis tea. Lainhalnya jika teh ditambahkan perasan jeruk lemon plus es disebut lemon tea. Selain itu minuman teh bisa ditambahkan susu disebut teh susu. Bisa juga ditambahn rebusan air jahe tehnya menjadi hangat disebut teh jahe. Bahkan jika masuk angin teh juga bisa dicampur obat cair masuk angin.

Teh variannya sangat banyak. Ada teh hijau, bahkan semua seduhan mengunakan daun-daunan yang dikeringkan kemudian direbus dianalogikan sebagai teh. Sehingga ada sebutan teh benalu, teh daun sirsak, teh daun tin, teh gingseng, dan lain sebagainya. Teh juga memiliki antioksida bahkan bisa untuk program diet menurun berat badan.

Teh bisa disajikan panas, hangat, atau dingin. Bisa juga dikonsumsi secara tawar (teh pahit) atau teh manis. Bisa diminum kapanpun dan dimanapun. Kesemuanya dikembalikan kepada selera masing-masing.

Minuman berbahan dasar teh sangat banyak variannya dan harganya relatif mahal. Andaikan membuat sendiri jauh lebih murah dan hygenis. Misalnya gula yang akan digunakan bisa mengunakan gula jagung atau gula rendah glukosa. Pastinya tidak mengunakan pemanis buatan, pengawet, dan pewarna. Berbeda jika kita membeli dalam kemasan sangat mungkin ada dampak buruk terhadap kesehatan dari pemanis, pengawet, dan pewarna.

Selain itu membuat teh secara langsung menjauhkan dari perilaku konsumerisme. Lebih-lebih jika membuat tehnya berbarengan dengan anak-anak. Sekalian belajar menyajikan minuman sendiri juga melatih mereka tidak berprilaku konsumerisme.

Siang ini pula saya membeli jeruk nipis. Gula, teh celup, dan es sudah ada. Cukup 2 buah nipis, gula putih sangat relatif sesuai selera, jika saya cukup 6 sendok makan. Kemudian batu es secukupnya. Cara membuatnya iris tipis jeruk nipis dan peras (kalau saya kulit perasan jeruknya dimasukan) masukan ketempat khusus beri batu es. Siapkan gelas masukan gula putih kasih air panas dan teh, kemudian setelah kecoklatan air teh dan gula putih dimasukan ketempat yang sudah diberikan es dan air perasan jeruk.

Kemudian aduk. Diamkan sebentar sampai dingin. Teh siap dikonsumsi. Lebih murah, ada kreativitas, dan kebersamaan saat membuatnya bersama-anaknya. Dalam hitungan menit habis sesuai jatah gelas nipis tea masing-masing. Segerrr.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Segerrrrr dan murah meriah Pak. Sukses selalu dan barakallah

06 Jan
Balas

Iya bu. Suasana kebersamaan sama anak-anak saat buat yang mahal bu. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah juga buat ibu Pipi

06 Jan

Minuman yang menyegarkan dan semua orang menyukainya. Panas dingin semua menyegarkan dan merilekskan pikiran. Tambah seger bila diberi daun mint ditambah buah- buahan segar ( leci, stoberi ) diminum dalam keadan dingin lebih mantab. Salam sehat, sukses dan bahagia bersama keluarga. Barakallah.

06 Jan
Balas

Wah mengunakan tambahan buah kedalamnya juga enak yach bu? Belum pernah coba, coba ah nanti. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat ibu Rita

06 Jan

Segerrr... Nyess dingin...

06 Jan
Balas

Iya ibu Fila apalagi diminumnya saat siang hari dan dingin mmm. Spesialnya dibuat sendiri. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Fila Ariyanti

06 Jan

Itu gula sampai 6 sendok untuk berapa porsi pak Mulya?

06 Jan
Balas

Untuk 7 porsi ukuran gelas 200 ml. Pada dasarnya sesuai selera jika dirasa kurang manis bisa ditambahkan gula, jika kemanisan tambahkan batu esnya. Jika akan mengunakan batu es, airnya cukup 800 ml Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jan

Selain segerrr..., yang pasti menyehatkan, ya Pak? Semoga sehat dan sukses selalu.

06 Jan
Balas

Iya, ada kebersamaan saat membuatnya berbarengan dengan anak-anak. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali