Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Menyalin Tulisan Orang Lain di Blog Pribadi, Why?
gurusiana.co.id

Menyalin Tulisan Orang Lain di Blog Pribadi, Why?

Anda mempunyai blog? Jika iya umumnya si pemilik blog adalah yang punya rumah sendiri. Apa yang disajikan di blog adalah buah karyanya. Apakah tulisan, gambar, atau video. Andaikan menukil punya orang lain mencantumkan sumbernya sebagai bentuk pertanggungjawaban secara ilmiah dan kode etik.

Gurusiana adalah blog terbesar se Indonesia. Anggotanya sudah lebih dari 40.000 orang. Sebagian besar anggotanya adalah para guru seluruh Indonesia. Selama ini saya aktif di Gurusiana. Mencoba belajar, belajar, dan belajar.

Berbagai dinamika saya temukan di Gurusiana. Saya semakin mengenal rumah besar ini, karena saya belajar banyak dan coba mengikuti perkembangan berbagai hal terkait Guriusiana.

Ada fenomena yang tidak lajim. Mengapa saya katakan tidak lajim. Persis kebiasaan di media sosial dibawa ke Gurusiana? Kebiasaan seperti apa? Media sosial menyediakan fasilitas salin. Hanya dengan menekan tulisan ada tulisan salin seperti di whatsapp, facebook, twitter, dan medsos lainnya.

Setelah itu tinggal tempatkan kursor di gawai atau laptop, tekan, akan muncul tulisan paste. Maka tulisan sudah menempel. Ini terjadi pula di Gurusiana. Ide gurusianer melakukan hal itu adalah pilihannya dalam berbagi tulisan. Walaupun ada nama penulis aslinya. Aneh rasanya membaca tulisan orang lain pada blog pribadi yang bersangkutan.

Saya akan mengomentari isi tulisan, menjadi bingung, apakah mengomentari penulisnya, isi tulisannya, atau yang punya blognya.

Baiknya tulisan pada blog tulisan sendiri. Jika ingin menukil tulisan orang lain bisa dikutip sebagian atau ada prolog awal yang kita tulis dan mengarahkan pada tulisan teman /orang lain yang mau ditempel pada blog kita.

Sebenarnya setiap pemilik blog sah-sah saja mau berbuat apapun. Tetapi ketika ada hal yang diluar kebiasaan rasanya begitu aneh. He..he..mungkin ini perasaan saya saja. Tidak bagi guruisianer lain. Tetapi setidaknya tulisan sendiri adalah yang terbaik asalkan original karena sangat khas dan satu-satunya di dunia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah sudah diingatkan, Menurut Abah biarlah tulisan kita tidak populer asalkan milik kita sendiri. Barakallaj saudaraku Mulya Al Bantany

05 Jul
Balas

Iya Abah setuju. Semuanya kembali ke niat setiap orang menulis. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali