Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Menuntut Ilmu Adalah Wajib

Islam menyampakan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban. Siapa saja yang menuntut ilmu akan diberikan kelapangan dan meninggikan derajat seseorang sebagaimana yang terdapat dalam Surat Al Mujadilah ayat 11 yaitu:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu:"berlapang-lapanglah dalam majils", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan:"berdirilah kamu" maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allaj Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. Al Mujadilah 11).

Pada ayat tersebut Allah Swt memerintahkan agar kita memberikan dalam menuntut ilmu artinya kita harus berusaha memberikan kesempatan kepada oranglain untuk memperoleh ilmu pengetahuan seperti mendirikan lembaga pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) s.d Universitas. Selain itu membantu anak-anak yang orangtuanya tidak mampu dan berbagai usaha lainnya.

Dalam kelanjutan ayat tersebut, Allah Swt menyatakan bahwa orang-orang yang beriman dan berilmu pebgetahuan itu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Jadi orang yang beriman mempunyai derjat lebih tinggi dari pada orang tidak beriman dan orang-orang berilmu lebih tinggi derajatnya dari orang yang tidak berilmu.

Dengan kata lain seseorang supaya derajatnya ditinggikan Allah maka syaratnya harus beriman kepada Allah dan memiliki ilmu pengetahuan.

Lalu apa bedanya antara orang berilmu dan tidak berilmu? Orang berilmu dapat mwmberikan sesuatu kepada orang tidak berilmu. Memberikan peringatan kepada orang yang perlu diingatkan. Memberikan penjelaskan kepasa orang yang perlu dijelaskan dan hanya orang yang berilmu yang mampu memecahkan masalah untuk kesejahteraan dan kehidupan manusia.

Orang yang berilmu mempunyai tanggungjawab yang berat, sehingga Allah Swt akan memberikan sanksi yang berat. Sebagai mana dalam hadist nabi berikut.

"Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu ia sembunyikan (tidak mau memberikan keterangan), maka ia akan dikendalikan dengan api neraka pada hari kiamat. (HR.Abu Daud)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bahkan bagi orang yang duduk dalam satu majelis demi menuntut ilmu pengetahuan balasannya sama dengan melakukan sholat sunat 100 rakaat. Jazakumullah khoiron katsiro untuk pembelajarannya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak guru.

04 Aug
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali