Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Dinamika Menulis Tanpa Gambar di Gurusiana

Menulis adalah proses belajar yang efektif. Mengapa? Merangkai kata menjadi kalimat dengan menuangkan ide pikiran hasil membaca atau serapan panca indera, lalu disusun menjadi beberapa paragraf tidaklah mudah. Butuh latihan yang intens.

Selain itu, menulis harus mampu bermain diksi sehingga kalimatnya bisa efektif. Kalimat efektif itu, bagaimana pesan penulis bisa disampaikan kepada para pembaca. Kalimat yang singkat, jelas, dan padat. Saya juga masih belajar, baik menurut saya ternyata bisa lain di mata pembaca.

Sebagus apapun tulisan di media online, perlu di dukung gambar yang erat kaitannya dengan isi tulisan. Pembaca akan tertarik untuk membaca ketika melihat gambar yang terpampang menarik. Ada rasa penasaran dari pembaca, sehingga ada keinginan untuk membaca. Selain judul tulisan juga harus menarik. Gambar dan judul ada satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Gambar yang digunakan bisa berupa dokumentasi penulis. Gambar jenis ini bisa dari jepretan penulis sendiri. Penulis yang memiliki hobi fotografi insting memotretnya akan muncul sejalan dengan ide tulisan yang akan dibuat. Saya berkali-kali mengikuti pelatihan foto jurnalistik intinya bagaimana satu buah foto bisa mewakili beribu-ribu kata. jika penulis seorang fotografer adalah paket lengkap.

Jika menggunakan gambar dari pihak kedua, saat kita akan menulis meminta rekomendasi hasil jepretan foto mereka. Misalnya kita akan menulis demontrasi hasil pemilu 2019, maka kita meminta dari pihak kedua tersebut untuk mendapatkan gambar yang mendukung tulisan kita.

Lalu bagaimana jika menggunakan gambar dari pihak ketiga? Wajib sifatnya mencantumkan sumbernya. Itupun masih belum aman. Mengapa? Bisa jadi sumber yang kita cantumkan bukan pihak pemilik gambar pertama, melainkan pihak pengguna gambar tanpa izin. Saat sudah dipublikasi, bisa ada komplain bahwa gambar yang digunakan memiliki hak cipta. Artinya kita melakukan pelanggaran hak cipta. Bisa dituntut secara hukum, repot kita.

Setahu saya banyak lembaga penyedia foto/gambar, dengan membayar sejumlah uang pada rentangan waktu tertentu semua gambar pada lembaga tersebut bisa digunakan. Ini legal.

Paling aman sebenarnya menggunakan gambar hasil jepretan sendiri atau pihak lain yang telah ada kerjasama. Jika akan mengambil gambar dari pihak ketiga wajib mencantumkan sumbernya dan benar-benar dari sumber awal. Dapat juga mengambil foto/gambar dari referensi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Menyikapi Gurusiana tidak bisa mengunggah gambar sisi positifnya aman dari gugatan pihak ketiga jika ada gambar yang digunakan gurusianer tanpa izin/tanpa mencantumkan sumber dari pihak pertama pemilik gambar.

Akan tetap sisi negatifnya adalah tulisan ibarat makanan tanpa toping (hiasan makanan). Toping pada makanan menjadi daya tarik seseorang untuk menikmati suatu makanan. Tulisan juga sama, jika ada gambar, tulisan memiliki daya tarik, tulisan tersebut jika dibaca renyah, enak, gurih, dan nikmat dibaca.

Lalu saat tidak bisa unggah gambar di Gurusiana apakah berhenti menulis? Baiknya tidak. Ada pribahasa tidak ada rotan akar pun jadi. Tetaplah menulis walaupun tanpa gambar. Toh nanti kalau sudah bisa unggah gambar di Gurusiana, tulisan yang diunggah tanpa gambar bisa dilengkapi gambarnya.

Selalu berpikir positif bahwa tulisan kita akan mencari takdir pembacanya sendiri bukan hanya saat ini. Akan tetapi sampai bertahun-tahun kedepan jika Gurusiana masih eksis. Jadi menulis saja, apapun keadaannya, tanpa gambar sekalipun.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Inspiratif Pak Mulya. Tetap kreatif meski tanpa gambar, bahkan bisa menjadi tulisan yang apik. Rupanya gurusiana tengah bersolek ya Pak.. Salam sehat dan sukses.. Barakallah

07 Jun
Balas

Keinginan tak sampai bunda, sudah menyiapkan gambar buat tulisan tetapi tidak bisa diunggah akhirnya ada tema kenapa tidak menulis dengan tema gambar. Jadi deh tulisan ini. Terima kasih atas apresiasinya. Sepertinya Iya, Gurusiana lagi berbenah. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

07 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali