Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menulis itu untuk Apa?
Keajaibanmenulis.com

Menulis itu untuk Apa?

Menulis itu untuk apa? Pertanyaan tersebut tentunya ada dibenak setiap orang yang akan menulis. Menulis adalah proses pembelajaran. Menulis lazim dilakukan dalam dunia pendidikan mulai dari level terendah sampai dengan doktoral. Tujuannya beragam seperti menulis sebagai profesi misalnya dalam dunia pers, menulis untuk menghasilkan sejumlah uang, menulis untuk menjadi pembicara, dan lain sebagainya.

Lalu secara cerdas Mediaguru melihat peluang bagaimana jika guru menulis untuk menerbitkan buku? Guru memiliki potensi level pendidikan sarjana, magister, bahkan doktoral. Selain itu para guru juga memiliki ketercukupan finansial sehingga bisa disisihkan sekian persen untuk dunia literasi. Mediaguru kemudian memfasilitasi dengan mengadakan pelatihan kelas menulis untuk guru, kini berkembang pada siswa, kemudian kelas editor, dan Mediaguru Writing Camp (MWC). Tujuannya adalah bagaimana guru menghasilkan karya yaitu buku.

Menulis itu harus memiliki tujuan, itu pasti! Jika belum memiliki tujuan hendaknya segera ditegaskan pada diri sendiri apa tujuannya menulis. Mengapa harus ditegaskan? Supaya pada saat motivasi menulis pada titik nadir, maka tinggal mereview tujuan menulis awalnya untuk apa. Banyak jargon-jargon menulis yang dapat dijadikan pegangan supaya tetap menulis, menulis, dan menulis seperti menulis adalah memberikan inspirasi pada orang lain, menulis adalah pembelajaran efektif, menulis adalah investasi akhirat, gajah meninggalkan gading sedangkan manusia meninggalkan tulisan, dan lain sebagainya. Jika masih ada pertanyaan menulis itu untuk apa? Pertanyaan itu dijawab oleh pribadi yang bersangkutan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menulis itu untuk memudahkan jodoh (kedua)... Btw, tulisannya kontemplatif dan keren. George gun doors...!

06 Feb
Balas

He...he...saya setia dengan pasangan Mas Eko Prasetyo. Terima kasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan komentar. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Mas Eko

06 Feb

Saya menulis, untuk apa yah Pak, hehehe. Sukses selalu dan barakallah

06 Feb
Balas

Ibu menulis untuk menginspirasi banyak orang dalam dunia literasi. Saya sangat kagum sama Ibu Pipi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Feb

Cucok Pak Mulya, tegas dan inspiratif.khususnya buat saya, pembelajar

06 Feb
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Orang-orang pembelajar kelak akan menjadi berlian. Menjadi yang berharga karena kualitas dirinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Noor Saidah Ali. Salam kenal dan salam literasi

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali