Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Menulis itu Tidak Bisa Dipaksakan

Menulis itu Tidak Bisa Dipaksakan

Saat saya mengalami sakit. Banyak aktivitas yang saya tinggalkan. Kondisi badan menolak melakukan aktivitas. Tubuh seolah berontak melakukan aktivitas yang diperintahkan oleh otak.

Ikhtiar berobat, istirahat, makan, dan minum obat teratur sudah dilakukan. Saya bahkan tambahkan aktivitas menulis sebagai obat. Awalnya tidaklah masalah. Menulis yah menulis.

Akan tetapi hari ini kembali rasa demam dan pusing kembali mendera. Hal yang menjadi pertanyaan apakah bisa menulis dalam kondisi demam dan pusing? Ternyata tidak, sangat wajar karena menulis mengunakan aktivitas otak dalam berpikir dan dituangkan melalui jari tangan dalam menekan tool keyboard.

Mau bagaimana lagi? Ternyata menulis tidak bisa dipaksakan? Menulis dilakukan jika situasi dan kondisi memungkinkan. Banyak faktor yang terkait lahirnya sebuah tulisan. Jika merunut proses menghasilkan suatu tulisan ada cerita dibalik cerita.

Jika mau menulis, menulis saja. Akan tetapi ada kalanya situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Menulis itu tidak bisa dipaksakan. Menulis itu bicara hati, kenyamanan dalam pikiran, adanya ide, kondisi tubuh yang sehat terutama dalam hal fungsi kepala dan tangan, dan adanya kemauan untuk menulis. Teruslah menulis ketika semua situasi dan kondisinya masih mendukung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cepat sembuh Pak Mulya, tulisannya tetap inspiratif meski sedang sakit. Semangat pagi segera sehat dan beraktivitas kembali, Barakallah

11 Jan
Balas

Terima kasih ibu atas apresiasi dan doanya. Ibu juga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jan

Teruslah menulis ketika semua situasi dan kondisinya mendukung. Ketika tubuh tak mampu lakukan itu, jangan zholim, tapi manjakanlah diri. Karena memang menulis butuh olah hati, olah pikir dan olah raga yang bersinergi. Semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu, Pak Guru. Barakallah.

11 Jan
Balas

Iya bunda, adil terhadap diri adalah keharusan. Itulah pentingnya pengenalan konsep diri. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Rai.

11 Jan

Hampir semua masalah jika dipaksa malah jadi masalah.Semoga pak Mulya sehat selalu. Aamiin

11 Jan
Balas

Setuju pak, menyesuaikan saja. Sesuatu yang dipaksakan akan menjadi masalah. Masalah menimbulkan masalah. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Pak Legimin Syukri juga semoga sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah juga buat bapak. Aamiin

11 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali