Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Menulis Itu Mudah

Hidup sarat akan berbagai aktivitas. Kategorinya mudah, sedang, dan susah. Interpretasi kategori tersebut sebenarnya hanya analogi seseorang dalam menilai apa yang akan dilakukan.

Melakukan apapun tidak ada yang sulit asalkan mau mengoptimalkan semua ikhtiar maksimal dan bertanya kepada ahlinya jika ada kendala. Proyek akhirnya selesai.

Gagal atau sukses itu sangat relatif. Serahkan hasil akhir kepada Allah. Apapun setelah diikhtiarkan maksimal tidak ada kata gagal. Proses adalah yang terpenting. Apabila belum berhasil itu adalah kesuksesan yang tertunda.

Bagaimana dengan menulis? Menulis itu mudah. Apapun tulis saja. Mengapa demikian untuk menumbuhkan rasa cinta menulis. Menjadikan menulis sebagai hobi. Lalu setelah cinta menulis muncul, baru lanjutkan pada tahap selanjutnya.

Apa tahap berikutnya? Mulailah belajar semua hal tentang menulis seperti membuat kalimat efektif, paragraf, diksi, bagaimana menulis cepen, novel, puisi, reportase, kolom, opini, penelitian tindakan kelas, buku pelajaran, poster, resensi, dan semua hal ragam tulisan.

Lalu menjadikan Puebi/KBBI sebagai rujukan. Bagaimana mengutip langsung dan tidak langsung, membuat daftar pustaka, membuat daftar pustaka dari sumber dari artikel, koran, majalah, ataupun web.

Jujur sampai saat ini saya masih belajar karena saya basicnya sarjana pendidikan geografi bukan sarjana bahasa dan sastra Indonesia. Saya berkeyakinan tidak ada yang sulit kalau mau dipelajari, akan tetapi bagi saya sepertinya akan jauh lama. Sabar, sabar, dan sabar. Belajar, belajar, dan terus belajar menulis.

Menulis itu mudah. Ikutin saja tahapnya. Semuanya juga pada akhirnya akan menjadi jauh lebih mudah. Ada perubahan pola pikir tadinya sulit berubah menjadi mudah. Lihat saja nanti akan ada perubahan positif karena menulis secara langsung dan tidak langsung, itu pasti!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ya Pak, tepok jidat da ucapka menulis itu mudah ya Neuro Linguistic Programmingnya distel. Cling

04 Nov
Balas

Sugesti yang keren bunda, sugesti dari diri sendiri, memotivasi diri bahwa menulis itu mudah. Semoga ibu dan keluarga sehat dan senantiasa sukses. Aamiin

04 Nov

Makasih tipsnya Pak Mulya...mari menulis...

04 Nov
Balas

Iya bunda. Sehat dan sukses selalu. Barakallah

04 Nov

Oh gitu yah pak, terima sdh berbagi. Sukses selalu dan barakallah

04 Nov
Balas

Iya bunda. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Nov

Hallo,salam kenal

04 Nov
Balas

Hallo juga, salam kenal kembali. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali