Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menulis Adalah
womantalk. com

Menulis Adalah "Rekreasi Berpikir"

Buat apa menulis? Apa sih tujuan menulis di blog gurusiana? Ah saya tidak bisa menulis, menulis sajalah? Saya menulis untuk membuat buku? Saya menulis untuk menghasilkan uang? Saya menulis untuk bekerja? Saya menulis untuk menginspirasi? Menulis untuk aktualisasi diri? Menulis untuk menginspirasi? Menulis untuk memudahkan pekerjaan saya? Menulis untuk curahan hati? Menulis untuk rekreasi pikiran?. Kesemua pertanyaan tersebut adalah tujuan/motif mengapa seseorang menulis. Hal tersebut sangat personal.

Banyak motif orang menulis. Semuanya dikembalikan kepada setiap orang? Motif menulis adalah hak. Hak adalah priogratif setiap orang. Apa dasar mereka menulis.

Lalu saya sendiri menulis untuk apa? Saya menulis untuk rekreasi pikiran. Tentunya berbeda dengan penulis lain. Rekreasi pikiran itu tanpa batas. Pemikiran tak terhingga. Saya berkeyakinan apapun yang dilakukan sebatas positif/baik akan memiliki dampak positif/baik sebagai sebab akibat yang telah kita lakukan.

Insyaallah menulis untuk kebaikan akan ada efek domino yaitu memberikan kebaikan untuk kita juga baik secara langsung maupun tidak langsung. Begitu juga sebaliknya. Sesuai dengan pribahasa siapa yang menanam dia yang menuai. Jika menanam padi maka buahnya akan padi begitu halnya menulis.

Masihkah bertanya untuk apa menulis? Semoga saja setiap penulis mendapatkan jawabannya pada diri masing-masing. Bahwa menulis adalah bagian dari proses pembelajaran. Lihat nanti dampak positifnya 1, 2, 3, 4, 5 tahun, dan seterusnya. Semua pertanyaan yang ada pada benak penulis akan menemukan jawabannya. Pada setiap penulis akhirnya jawabannya juga berbeda.

Teruslah menulis, sampai kita tidak lagi dapat menulis. Abaikan semua kicauan-kicauan negatif tentang "mengapa kita menulis tetapi tidak ada manfaat apapun". Kelak kita bisa buktikan kepada orang tersebut bukan dengan bantahan verbal akan tetapi hasil nyata karya tulisan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ok...Pak..siap untuk menulis...

14 Sep
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali