Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menulis adalah Proses Belajar yang Efektif
womantalk. com

Menulis adalah Proses Belajar yang Efektif

Belajar itu sangat penting bagi setiap manusia. Bayangkan jika bayi tidak belajar dalam hidup sampai dewasa. Pasti akan tidak tahu di tidak tahunya.

Belajar itu adalah proses panjang, membutuhkan waktu lama. Belajar tidak instant perlu kesabaran, keuletan, keilkhlasan, dan memeras otak. Lelahnya belajar akan terbayarkan. Ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap terbaik akan diraih sebagai hasil proses belajar. Ada perubahan sikap dan prilaku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Konsepnya adalah tahu, fahami, dan terapkan dalam kehidupan, serta memberikan banyak manfaat bagi diri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Belajar dilakukan dengan mengoptimalkan semua panca indera. Mata digunakan untuk belajar dengan cara melihat, menulis, mengamati, dan membaca. Telinga digunakan untuk belajar dengan cara mendengar, tangan digunakan untuk belajar melakukan dan menulis, kulit digunakan untuk belajar merasakan apa yang direspon oleh kulit, lidah juga dapat digunakan untuk mengecap berbagai rasa, dan lain sebagainya.

Menulis menjadi hal yang spesial dalam belajar. Menulis ada menggabungkan semua proses belajar yang dilakukan pancaindera. Ada singkronisasi antara semua sistem organ tubuh luar dan dalam. Menulis adalah belajar yang paling efektif.

Menulis menurut saya belajar tingkat tertinggi. Mengapa demikian? Hasil belajar melalui menulis kualitas pemahanan sangat baik, mengendap di otak lebih lama.

Yuk belajar melalui menulis, sampai kita tidak lagi dapat menulis karena tumpukan tanah sudah menimbun jasad. Teruslah menulis, menulis, dan menulis. Niatkan menulis untuk menebar banyak kebaikan. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali