Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menteng Kini Sudah Mulai Langka
Buah Menteng terancam punah, sumber: Dokumentasi Penulis

Menteng Kini Sudah Mulai Langka

Bagi saya generasi lahiran 1978 an, masih mengalami masa-masa mata uang mulai dari Rp 5, Rp 10, Rp 25. Sekarang uang eranya digital. Penerangan pada saat itu masih menggunakan minyak tanah untuk obor. Televisi hitam putih menggunakan aki. Mandi di sungai. Permainan anak menggunakan pecahan genting, bola terbuat dari plastik-plastik yang diikat, mainan kelereng, mainan dari batang Nipah, main karet gelang, damprak, dan permainan tradisonal lainnya.

Zaman sekarang semua budaya jadul tersebut sudah dikatakan punah karena tergerus kemajuan zaman dan teknologi. Permainan saja sekarang sudah berbasis games android.

Permainan tradisional mengedepankan kerjasama sama kelompok sedangkan games android cendrung bermain sendiri sendiri seseorang terkondisikan menjadi antisosial. Sangat kentara secara kasat mata produk generasi mudanya. Walaupun tidak dapat digeneralisasi.

Sejalan dengan kondisi tersebut jumlah penduduk terus mengalami pertambahan. Dampaknya terjadi alih fungsi lahan pertanian dan perkebunan berubah menjadi pemukiman penduduk atau peruntukan pembangunan lainnya. Diperparah dengan kultur membuang sampah tak terurai sembarangan dan pencemaran dimana-mana. Pohon-pohon besar tanaman buah-buahan secara bertahap ditebang dan kayunya digunakan untuk pembangunan.

Kini sulit sekali menemukan tanaman buah-buahan disekitar tempat tinggal walaupun status tempat tinggal saya masih kampung. Apalagi diperkotaan. Konsep taman buah Mekarsari, Jawa Barat ide brilian dari istri Presiden ke 2 RI. ide tersebut sangat cemerlang untuk melestarikan berbagai jenis buah-buahan khas Indonesia. Sebagai negara tropis Indonesia didukung tanah yang subur apapun jenis buah dapat di budidayakan.

Menteng adalah salah satu jenis buah-buahan. Masih kerabat buah duku dan kokosan. Menteng berwarna kuning kehijauan. Semakin kuning semakin matang. Rasanya segar. Adapun cara makannya dengan memecahkan ujung buah menggunakan tangan atau gigi kemudian di sedot menggunakan mulut sehingga buah, air, dan bijinya akan terhirup dimulut kemudian diisap atau bijinya ditelan karena ukurannya kecil dan berserat seperti jenis rambutan tundun/kecapi/manggis/biji coklat.

Sebagai tanaman buah Menteng sudah semakin menghilang bahkan di penjual buah sekalipun dikawasan Tangerang. Kangen rasanya buah-buah yang dahulu kuantitasnya banyak akan tetapi sekarang semakin langka di pasaran.

Berbagai jenis buah-buahan generasi saya seperti buah langoko (buah sagu), buni, Putat, harendong, Jamblang, kokosan, buah kacipet, dan lain sebagai. Mungkin nama buah disetiap daerah berbeda. Setidaknya tanaman buah di wilayah tropis sangat banyak jenisnya.

Berbagai jenis buah-buahan apabila dilestarikan dan dikelola dengan baik serta membuat wilayah konservasi tanaman aneka buah-buahan khas Indonesia. Maka wilayah konservasi tersebut dapat dijadikan objek agrowisata. Pengunjung dapat melihat atau melakukan kegiatan pengembangan tanaman buah, panen buah, bahkan mengkonsumi atau membelinya sebagai buah tangan. Semoga saja setiap pemimpin daerah di Indonesia ada niatan melestarikan buah daerah asal.

Berbahagialah di sekitar rumah dan kampungnya apabila masih terdapat berbagai jenis tanaman khas daerah asal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Zaman saya kecil saya suka ini menteng tapi yang tua, dalamnya warna ungu, manis seger..

11 Feb
Balas

Aaaa mau pak ingat masa kecil, suka makan ini buah kalau kami namanya kapundung, rasa asam agak manis

11 Feb
Balas

Oh kapundung iya Bu, rasanya itu sesuatu banget, mengenang belasan tahun yang lalu

11 Feb

Aiiiiihhhj hoyong mentengna pak...

11 Feb
Balas

Iya, ini juga dalam setahun ini baru nemuin ditukang buah, cuma ada 2 bungkus, wah kalau deket dianterin, salam literasi

11 Feb

Ooohhh haturnuhun pak Mulya... Manawi teh gaduh tangkalna... Wilujeng nuang mentengna... Salam literasi

11 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali