Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menjemput Rizki
Majalah Ummi. com

Menjemput Rizki

Setiap manusia terlahir ke bumi sudah Allah siapkan rizkinya masing-masing. Rizki tidak akan tertukar jika kita berikhtiar maksimal, bersilaturahmi, dan menjemput rizki dengan usaha dan doa.

Rizki bisa berupa materi maupun nonmateri. Rizki bisa diperoleh secara langsung atau melalui perantara orang lain.

Selain itu Allah akan berikan rizki yang halal jika kita memiliki ilmu (agama dan dunia) dan menjadi orang yang baik.

Allah akan memberikan solusi untuk setiap tantangan dalam hidup kita. Terus bagaimana jika ada orang yang tidak beriman dan bertaqwa tetapi mereka berlebih dalam hal rizki, mereka adalah bukti bahwa penguasaan ilmu dunia dapat membuat mereka kelebihan rizki. Itulah sifat Allah maha pernurah dan pengasih dengan tidak membedakan umatnya.

Jika kita mau, maka kita bisa belajar ilmu dunia kepada mereka asalkan tidak melupakan ilmu akhirat.

Manusia satu dari sekian banyak yang telah Allah ciptakan. Pernahkah berpikir bagaimana makhluk lain selain manusia mendapatkan rizki, apakah makhluk lain itu diam saja atau tetap harus berikhtiar.

Seekor burung bagaimana memperoleh makan? Pagi beraktivitas mencari makan sore pulang ke sarangnya dengan perut kenyang sekaligus membawa makanan untuk anaknya.

Sesekor laba-laba membuat sarang, sebagai bentuk ikhtiar membuat ladang mendapatkan makanan, sehingga saat ada serangga terbang akan terjebak kemudian segera dihampiri dan di makan.

Cecak saat malam akan keluar. Mendekati sumber cahaya tempat berkumpul serangga. Kemudian cecak menghampiri dan memakannya sampai kenyang.

Lebah membuat sarang, kemudian terbang bunga satu ke bunga lain kemudian pulang membawa madu dan dikumpulkan disarang sebagai sumber makanan dan bahan cadangan makanan.

Semut hidup mengelompok, membuat sarang kemudian menemukan serpihan makanan atau gula. Kemudian secara berkelompok dan bekerjasama membawa makanan ke sarangnya.

Ikan di perairan darat atau laut. Secara naluriah akan mencari sumber makanannya sebagai bentuk upaya mendapatkan makanan. Bisa memakan pitoplankton, zooplankton, terumbu karang, binatang rawa, binatang air, atau ikan ukuran yang lebih kecil. Ikan hidup dan berkembang biak dengan hasil ikhtiarnya.

Tumbuhan, saat akar berada pada tanah. Akar akan terus tumbuh dan bergerak mencari banyak unsur hara yang dibutuhkan batang, daun, bunga dan buah.

Kesemua contoh tersebut hanya sebagian kecil bentuk ikhtiar makhluk hidup dalam memenuhi rizki.

Makhluk hidup yang Allah ciptakan sudah diberikan insting untuk ikhtiar mencari makanan untuk kebutuhan hidup, mendapatkan/membuat tempat tinggal, mempertahankan diri, dan berkembang biak. Allah memberikannya kepada setiap makhluk hidup adalah rizki ilahi.

Manusia sebagai makhluk istimewa di bekali dengan otak yang teramat sempurna. Hewan dan tumbuhan juga memiliki otak akan tetapi tidak sesempurna manusia.

Manusia dengan kemampuan otaknya disempurnakan dengan akal pikiran. Melalui akal pikirannya manusia dapat memilih yang terbaik. Begituhalnya dalam urusan mencari rizki. Tidak ada alasan seseorang tidak mencari rizki. Semua potensi ada setiap manusia. Permasalahannya mau atau tidak mengali potensinya untuk mencari rizki dengan ilmu. Kemudian menjemput rizki untuk memenuhi kebutuhan. Yakinlah jika kita mau menjemput rizki Allah akan penuhi segala kebutuhan kita dari segala penjuru arah mata angin baik secara langsung maupun tidak langsung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Intinya manusia dalam menjemput rezeki harus memiki iman dan taqwa, lalu berusaha semaksimal mungkin dengan otaknya. Jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan dan keberkahan. Satu lagi pak, jalan untuk memperoleh rezeki dari kita sendiri yakni dengan menebar kebaikan kepada semua orang. Karena tidak jarang jalannya rezeki itu dari orang lain, maka harys baik kepada pintu-pintu rezeki tersebut. Sip, opini yang keren pak.

24 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali