Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menjadi Pemimpin itu Sulit?
www. harnas.co

Menjadi Pemimpin itu Sulit?

Setiap manusia adalah pemimpin. Mengapa demikian? Sejak proses pembuahan hanya satu sel sperma yang dapat membuahi sel telur ibu. Sel sperma harus berjuang untuk menjadi yang terbaik.

Lalu saat ibu melahirkan normal, si bayi akan keluar sesuai dengan petunjuk langit. Lain halnya dengan sesar itu kasusistik. Saat si bayi lahir ada inisiatif. Saat seorang bayi tumbuh kembang harus mampu melakukan apapun sesuai perintah otak.

Saat seseorang tumbuh dewasa harus dapat memimpin dirinya sendiri. Belum lagi saat ibu dan ayahnya telah tiada. Ketika seseorang menikah otomatis suami menjadi pemimpin dalam keluarga. Seorang istri menjadi pemimpin dikala suami sedang tidak ada, juga menjadi pemimpin terhadap anak-anaknya.

Lalu dengan kualitas diri, seseorang bisa terpilih menjadi seorang pemimpin, secara aklamasi, dipilih oleh atasan, dipilih oleh bawahan, dipilih oleh rekan organisasi, dipilih oleh rakyat, dan mekanisme pemilihan lainnya. Akhirnya seseorang didaulat menjadi seorang pemimpin.

Bagi sebagian orang tidak mau menjadi pemimpin karena amanahnya sangat berat. Akan diminta pertanggungjawabannya dunia dan akhirat. Bahkan ada celotehan, seorang pemimpin masuk surganya lama karena hisabnya jauh lebih banyak dibandingkan orang yang tidak memimpin.

Tapi ada juga seseorang yang sangat ambisius ingin menjadi pemimpin. Segala macam cara dilakukan untuk menjadi pemimpin seperti politik uang, melalui perdukunan, nepotisme, dan lain sebagainya. Apapun akan dilakukan asalkan terpilih sebagai seorang pemimpin.

Jika seseorang sejak awalnya tidak tulus ikhlas menjadi pemimpin. Saat menjabat melakukan upaya bagaimana cara mengembalikan modal pemilihan. Sehingga berbagai cara ditempuh mulai dari kolusi, nepotisme, dan korupsi.

Seseorang memimpin cakupannya bisa kecil, sedang, atau luas. Skala organisasi/lembaga bisa beraneka ragam. Jika negara mulai dari desa/kelurahan, kecamatan, kab/kota, provinsi, atau bahkan skala nasional atau internasional.

Lalu bagaimana saat menjadi pemimpin bersikap dan berprilaku? Tidaklah mudah. Mengapa demikian? Tuntutan seseorang ideal dalam memimpin sangat kuat. Hal tersebut bisa menjadi beban karena harus memuaskan semua orang.

Padahal tingkat kepuasan itu sangat relatif. Lalu, jika orang pemimpin bersikap tangan besi cendrung tidak sukai. Jika mengunakan tim ahli, bisa disebut sebagai pemimpin boneka.

Lalu idealnya memimpin seperti apa? Suka atau tidak suka seorang pemimpin memiliki visi dan misi pribadi dan organisasi. Seorang pemimpin memiliki tim/struktur sesuai bidang yang dibutuhkan.

Jika ada suatu hal baiknya dimusyawarahkan/dirapatkan untuk mencari solusi terbaik. Setelah disepakati laksanakan. Seorang pemimpin harus dapat mempertimbangkan resiko yang akan muncul sebagai sebab akibat suatu keputusan. Pemimpin harus mempunyai plan A, B, C, dst.

Semuanya dilakukan dengan manajerial yang baik supaya dapat mencapai tujuan lembaga. Jika tercapai itu sebuah prestasi. Maka saat prestasi diraih ada penghargaan terhadap arti sebuah keberhasilan/kesuksesan bersama dalam lembaga/organisasi terhadap tim.

Keberhasilan suatu organisasi dan lembaga yang dicapai seorang pemimpin tidak terlepas dari peran tim. Jika semua yang dilakukan benar sesuai aturan, maka keberhasilan pemimpin adalah suatu prestasi yang akan dicatat sebagai sejarah penting organisasi/lembaga.

Menjadi pemimpin itu sulit? Bukan berarti tidak bisa dipelajari. Banyak tokoh-tokoh dunia yang dapat dijadikan rujukan dalam gaya memimpin. Sebagai umat Islam ada para nabi, sahabat nabi, dan Nabi Muhammad SAW yang memiliki gaya kepemimpinan terbaik yang bisa dijadikan acuan seorang memimpin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga akan ada pemimpin yang mengikuti "gaya" Rasulullah SAW dan Khulafaur rasyidin dalam memimpin. Salam sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

05 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Apalagi menjelang pemilu. Terima kasih atas apresiasinya. Bahagia, sehat, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Rai

06 Feb

Sejatinya pemimpin akan dimintapertanggung jawabannya kepimpinannya. Sukses selalu dan barakallah

05 Feb
Balas

Iya bu. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bu Pipi

06 Feb

Barakallah. Pak Mulya. Pemimpin itu amanah. Keren.

06 Feb
Balas

Iya pak baik itu pemimpin amanah. Sepertinya Indonesia nirpemimpin amanah. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali