Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Mengenal Samudera di Dunia
diajar didieu

Mengenal Samudera di Dunia

Sampai saat ini ilmu pengetahuan membuktikan bahwa baru bumi yang terdapat kehidupan. Bagi umat Islam meyakini bahwa Allah Swt menyiapkan bumi sebagai tempat pengasingan Nabi Adam as saat harus menjalani hukuman karena melanggar perintah Allah untul tidak mendekati bahkan memakan buah kholdi.

Menurut para ahli, pada awalnya di bumi hanya ada 1 benua yaitu pangea. Pangea dikelilingi samudera. Pangea mengalami perpecahan menjadi beberapa lempeng. Perpecahan tersebut akibat adanya arus konveksi yang mengerakkan lempeng baik secara konvergen (bertabrakan), divergen (saling menjauh), dan tranform (berpapasan).

Sehingga hasil bentukannya seperti benua dan samudera sekarang. Seperti kita ketahui terdapat benua Eurasia (Asia dan Eropa) , Afrika, Amerika, Australia, dan Antartika. Lautan luas yang mengeliligi benua-benua tersebut di sebut Samudera, yang pada awalnya hanya satu.

Perbandingan antara samudera dan benua yaitu samudera sekitar 71% sedangkan benua 29%. Konon kehidupan pertama berawal dari laut (air asin) yang usianya sekitar 500 juta tahun yang lalu. Berikut ini urutan samudera dari terluas yaitu:

  1. Samudera Pasifik, memiliki luas 166.241.000 km persegi.
  2. Samudera Atlantik, luasnya 82.217.000 km persegi.
  3. Samudera Hindia, luasnya 73.600.000 km persegi.
  4. Samudera Selatan, luasnya 35.000.000 km persegi.
  5. Samudera Artktika, luasnya 12.257.000 km persegi.

Kelima samudera tersebut menunjukan bahwa samudera terluas adalah Pasifik dan tersempit adalah Arktika. Pada dasarnya semua samudera tersebut terhubung di seluruh dunia. Sehingga jika di hitung luasnya secara keseluruhan sekitar 369 juta kilometer persegi.

Samudera memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan yaitu:

  1. Samudera/Laut sebagai habitan utama hewan dan tumbuhan laut.
  2. Samudera membantu mengatur sistem cuaca harian dan iklim jangka panjang pada Bumi.
  3. Samudera sumber penguapan air (evaporasi) untuk memberikan hujan yang dibutuhkan makhluk hidup.
  4. Samudera sebagai sumber bahan makanan.
  5. Samudera sebagai sumber energi gelombang laut/pasang surut.
  6. Samudera sebagai prasarana transportasi laut.
  7. Samudera sebagai tempat pariwisata dan olahraga air, dan lain sebagainya.

Samudera dalam ilmu geografi dikaji oleh cabang ilmu geografi yaitu oceanografi. Ilmu ini akhirnya berkembang jauh lebih pesat sampai dengan saat ini. Berbagai kajian mendalam terus dilakukan terhadap samudera. Berbagai penelitian terus dilakukan terhadap samudera dan segala potensinya.

Posisi Indonesia juga sangat vital karena berbatasan langsung dengan dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Tinggal bagaimana pihak Indonesia terutama semua pihak terkait mampu mengoptimalkan fungsi samudera atau tidak. Semoga saja Indonesia termasuk negara yang mampu msngoptimalkan samudera. Aamiin.

PosisiIndo Idi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali