Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Mengeluh Tidak Menyelesaikan Masalah

Hidup sarat dengan aktivitas. Sedikit atau banyak aktivitas yang dijalani adalah pilihan hidup. Baiknya disyukuri, dinikmati, dan dihayati. Jalani dengan penuh ketulusan, keikhlasan, dan kebahagiaan.

Banyak sedikitnya aktivitas jangan pernah dikeluhkan. Ada asumsi melakukan apapun jika dikeluhkan seolah tidak ikhlas. Padahal apapun yang dilakukan pada awalnya adalah pilihan kita. Sehingga sungguh tidak bijak, jika pilihan aktivitas kita, tetapi dikeluhkan.

Pola pikir manusia sangat relatif. Sedikit aktivitas mengeluh banyak aktivitas juga mengeluh. Apalagi tidak memiliki aktivitas juga mengeluh. Apa hal yang paling bijak seharusnya dilakukan? Jangan mengeluh. Memiliki sedikit atau banyak aktivitas disyukuri. Niatkan melakukan aktivitas semata-mata tulus dan ikhlas. Niatkan melakukan aktivitas semata-mata beribadah kepada Allah Swt.

Mulai sekarang dalam hidup jangan pernah lagi mengeluh. Mengeluh tidak menyelesaikan masalah. Justru mengeluh bisa menjadi baper (bawa perasaan) sehingga seseorang, bisa lebih sensitif. Khawatirnya apa yang dilakukan jauh dari keberkahan Allah Swt.

Padahal dalam hidup, jika seseorang ingin sukses dunia dan akhirat, tidak lain mengharap keberkahan dari Allah Swt. Apapun aktivitas yang dilakukan sedikit atau banyak pastinya tidak lagi dikeluhkan, melainkan sarana mencari ridho Allah Swt.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren..... tulisannya pak.. mari kita sama-sama mencari ridlo Allah agar hidup kita berkah. sukses selalu .. barakallah

14 May
Balas

Aamiin ya Allah, terima kasih atas apresiasinya. Terima kasih atas doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

15 May

Tulisan yang edukatif, mengeluh adalah fitrah gelap manusia, oleh karenanya, alquran menjafi cahaya, agar senantiasa bersyukur. semoga selalu berkarya Pak

14 May
Balas

Iya pak sabar, mengeluh fitrah gelap manusia, semoga kita senantiasa selalu mendapatkan cahaya keimanan dan ketaqwaan dari Al Quran dan Hadist, teladan Nabi Muhammad dan Sabda langit. Terima kasih atas apresiasinya sehat, bahagia, dan sukses selalu pak Sabar Waspandi

14 May

setujuuu...

16 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali