Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Mengedit Tulisan Itu Sesuatu Banget
Amanda Bumgarner

Mengedit Tulisan Itu Sesuatu Banget

Dunia penulisan mengedit tulisan adalah keharusan. Sebuah tulisan akan bagus jika proses mengedit dilakukan dengan baik. Ibarat pasangan penting, menulis maka harus diedit.

Bahkan ada pernyataan untuk sebuah objektivitas tulisan, jika kita menulis buku diedit oleh kita tidaklah cukup harus mengunakan jasa editor lain. Supaya hasilnya jauh lebih baik. Menghindari unsur subjektivitas.

Lalu jika kita akan mengedit tulisan sendiri atau swasunting harus berapakali? Menurut saya sangat relatif. Semakin sering diedit maka tulisan sangat baik.

Bagi saya sendiri mengedit tulisan sesuatu banget.Tulisan saya walaupun sudah diedit saat dipublish masih saja terdapat kesalahan. Terkadang saya merasa "bodoh" kesalahan tulisan masih saja ada. Sangat manusiawi memang jika suatu tulisan masih ada kesalahan. Akan tetapi hendaknya kesalahan dapat dikurangi dalam sebuah tulisan.

Ada gurusianer yang tulisannya sempurna. Ada pertanyaan terbersit berapa kali mereka mengedit tulisannya? Satu kali, dua, tiga, empat, lima, bahkan lebih. Coba tanyakan langsung pada gurusaner tersebut!.

Mengedit sebenarnya bagaimana pesan tulisan tersampaikan dengan kalimat efektif dan diksi yang tepat. Jika pesan sudah tersampaikan tulisan sudah bisa dikatakan baik. Selebihnya adalah masalah teknis tulisan dan kesalahan kata.

Mengedit perlu disikapi sebagai hal penting. Melakukannya harus dengan ketelitian. Ketelitian membutuhkan kecermatan dan kejelian. Jika. Mengedit baik maka tulisan juga baik.

Apakah tulisan ini masih ada kesalahan? Maaf jika ada, maklum saya masih terus belajar mengedit. Saya pernah menjadi editor juga mengikuti kelas editor ternyata belumlah cukup bagi saya piawai mengedit tulisan sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

mengedit sendiri memang perlu lebuh sempurna lagi kalau orang lain ikut mengedit tulisan kita. terima kasih ilmunya dan sukses selalu pak

05 Nov
Balas

Iya bu. Suka gregetan. ibu juga sehat dan sukses selalu. Barakallah.

05 Nov

Sangat setuju. Mengedit tulisan sangat perlu. Pun setwlah diedit juga masih selalu ada kesalahan konon pula tidak diedit. Jazakillah khoir ilmunya, pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak guru.

05 Nov
Balas

Menulis dan mengedit adalah pasangannya. Terimakasih atas doanya bunda. Bunda juga semoga sehat dan sukses selalu. Allah meridhoi setiap aktivitas bunda. Barakallah.

05 Nov

Benar banget pak, buku sy yg sudah diedit pun banyak salah, sukses selalu dan barakallah

05 Nov
Balas

Itulah indahnya menulis bu. Sukses dan sehat selalu. Semoga Allah meridhoi apa yang ibu lakukan. Barakallah.

05 Nov

Yuk ngedit

05 Nov
Balas

Terima kasih pak sarannya. Jujur kadang saya suka lupa hehe..

05 Nov
Balas

Sukses selalu dan barakallah. Salam literasi

05 Nov
Balas

Iya ibu. Terima kasih atas doanya. Ibu juga sama sehat dan sukses dalam segala aktivitasnya.

05 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali