Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Mendung Belum Tentu Hujan

Hari ini cuaca berawan. Apakah sudah pasti hujan belum tentu. Mengapa demikian karena mendung belum tentu hujan sesuai pribahasa.

Apabila ditinjau keilmuan awan terbentuk dari hasil penguapan air laut, air didaratan, dan air yang berasal dari hewan dan tumbuhan (pristiwa eksresi) akibat pemanasan sinar matahari.

Hujan akan terjadi jika uap air mengalami titik jenuh sehingga terjadi proses kondensasi atau sublimasi. Kondensasi merupakan perubahan wujud uap air menjadi butiran air hujan. Sedangkan sublimasi perubahan wujud uap air berubah menjadi es atau salju.

Peristiwa presipitasi (hujan) tidak akan terjadi apabila proses kondensasi atau sublimasi tidak terjadi. Hujan merupakan segala bentuk curahan dari langit air, salju, atau es.

Wilayah Indonesia memiliki morfologi bergunung-gunung, wilayah equator, hutan yang luas, memiliki lautan yang luas, adanya masa udara panas dan dingin, sangat potensial mempercepat terjadinya hujan. Itupun harus ada bantuan angin untuk memindahkan awan baik secara adveksi (mendatar) maupun vertikal (konvensi) sehingga memaksa awan untuk mengalami kondensasi/sublimasi.

Bersyukurlah Indonesia memiliki potensi yang besar untuk hujan. Walaupun terkadang hujan memicu terjadinya banjir bukan hujannya yang salah akan tetapi manusia tidak ramah lingkungan sehingga terjadinya hukum sebab akibat. Manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungah, saat hujan banjir adalah bonusnya.

Terlepas itu semua adanya awan tidak selalu terjadinya hujan. Semuanya tergantung prosesnya memenuhi syarat turunnya hujan atau tidak. Satu hal lagi adanya kehendak sang pencipta untuk berkenan menurunkan hujan sebagai berkah/Rizki untuk makhluk bumi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ya Pak... Mendung tapi ga hujan. Panas banget

14 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali