Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Menciptakan Kemandirian Pada Siswa itu Penting!
WebMateri.com

Menciptakan Kemandirian Pada Siswa itu Penting!

Ujian adalah hal yang biasa pada peserta didik. Akan tetapi bisa menjadi masalah ketika ujian siswa seolah tidak siap. Bertanya pada teman dikiri dan kananya, teman di depan atau dibelakangnya. Melakukan aktivitas yang diluar konteks ujian.

Mengapa siswa melakukan hal tersebut? Banyak sekali faktornya seperti tidak belajar, kurang percaya diri, kurang memiliki keyakinan yang kuat, mudah menyerah, kurang mandiri, dan masih banyak faktor yang lainnya.

Sekian banyak faktor tersebut, saya menyoroti masalah kemandirian. Menumbuhkan kemandirian tidaklah mudah. Baiknya dilakukan sejak usia dini sehingga setelah terbiasa. Maka anak akan terbiasa bersikap dan berprilaku mandiri. Begitu juga saat mereka memasuki dunia sekolah, kemandirian menjadi sangat penting.

Aktivitas di sekolah, anak dituntut mandiri dalam hal bangun pagi persiapan menuju sekolah, menyiapkan seragam yang akan dipakai, menyiapkan buku pelajaran, mengerjakan tugas pelajaran, tugas individu, tugas kelompok, pekerjaan rumah, belajar menjelang ulangan/ujian, dan lain sebagainya.

Jika seorang siswa sudah memiliki kemandirian yang baik, maka sikap dan prilakunya saat ujian menunjukan ketenangan. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa tersebut sudah siap ujian. Kesiapan ujian adalah bukti keberhasilan konsep kemandirian pada anak.

Begitu juga sebaliknya jika anak seolah tidak siap saat ujian, meminta jawaban dari temannya, gelisah karena sangat kesulitan mengerjakan soal dimungkinkan gagal dalam kemandiriannya. Walaupun hal tersebut tidak bersifat mutlak.

Tidak ada kata terlambat untuk membentuk kepribadian seseorang. Pada dasarnya manusia adalah pembelajar. Bagi seorang pendidik tinggal bagaimana caranya melatih kemandirian pada anak, sehingga anak menjadi terbiasa. Hal tersebut tentunya perlu dukungan dari orangtua.

Saat ada sinergi apa yang dilakukan dengan guru juga orangtua maka pembiasaan kemandirian bisa tercapai. Semoga saja anak-anak kandung kita dan para peserta didik yang menjadi binaan kita dapat memiliki kemandirian. Kelak saat mereka harus hidup sendiri, kemandirian tidaklah menjadi hal memberatkan tetapi menyenangkan. Sukses di dunia Insyaallah juga sukses di Akhirat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kerja sama guru dengan wali siswa, akan menghasilkan peserta didik yang mandiri. InsyaAllah. Barakallah Pak Mulya Al Bantany

14 Mar
Balas

Iya Abah, Aamiin. Kemandirian itu sangat penting walaupun tidak mudah mewujudkannya. Terima kasih atas apresiasinya Abah. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Abah

15 Mar

Inspiratif Pak. Semoga kita bisa menyiapkan anak anak tuk jd pribadi yang mandiri. Sehat sukses selalu Pak. Barakallah

14 Mar
Balas

Aamiin, tidak terbayang saat si anak harus hidup sebatang kara karena suatu hal, lalu si anak tidak memiliki kemandirian dalam hidup. Bisa dibayangkan, apa yang bisa dilakukannya? Terima kasih atas apresiasi dan doanya Ibu Fera. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat Ibu. Barakallah

15 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali