Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
7 Alasan Memenuhi Undangan, Nomor 3 Sangat Penting

7 Alasan Memenuhi Undangan, Nomor 3 Sangat Penting

Aktivitas setiap manusia berbeda satu sama lain. Antar manusia terjadi interaksi sosial satu sama lain. Banyak sekali ragam interaksi diantaranya interaksi antar hubungan keluarga, pendidikan, teman sepermainan, bertetangga, hobi, berbagai komunitas, pekerjaaan, seagama, dan sebangsa serta setanah air.

Hubungan interaksi sosial diantaranya dilakukan dengan mengundang untuk suatu acara. Interpretasi terhadap undangan beragam pada setiap orang. Semuanya adalah hak personal ada yang menganggap kewajiban untuk datang ataupun tidak harus datang karena adanya suatu alasan tertentu.

Bagi saya memenuhi undangan adalah suatu keharusan. Mengapa demikian? Berapa hal yang menjadi bahan renungan dan pertimbangan yaitu:

  1. Saat seseorang akan mengadakan suatu acara tentunya telah mempersiapkan semuanya demi kesuksesan acara. Datang saat diundang artinya mensukseskan rencana seseorang.
  2. Kita diundang menunjukan bahwa kita berarti bagi si pengundang. Menghadiri undangan menjadi suatu keharusan sebagai bentuk penghargaan terhadap si pengundang.
  3. Membahagiakan orang lain adalah ibadah. Memenuhi undangan adalah membahagiakan tuan rumah. Apa yang telah mereka persiapkan, saat kita datang artinya telah membahagiakannya.
  4. Pejuang anti kemubaziran, saat kita memenuhi undangan pasti banyak suguhan yang telah disediakan. Jika undangan banyak yang tidak datang dipastikan akan banyak sisa. Mubazir jika tidak dikonsumsi. Jika kita datang kemubaziran tersebut tidak terjadi.
  5. Anggap saja wisata kuliner, mendatangi undangan tentunya ada pertanyaan perihal makanan, makanan apakah yang akan disajikan? Biasanya banyak makanan kejutan yang kita sendiri saja baru menemukannya.
  6. Empati terhadap pemilik acara, rasa ini merupakan kepedulian sangat dalam bagi pemilik acara. Memposisikan jika kita berada pada posisi pemilik acara. Seandainya kita berada pada posisi pemilik acara maka kesuksesan acara adalah segalanya.
  7. Ajang silaturahmi, memenuhi undangan artinya kita menjalin tali silaturahmi. Jalinan silaturahmi tersebut terhadap pemilik acara. Terkadang kita bertemu dengan rekan-rekan yang kita kenal secara kebetulan diundang juga.

Memenuhi undangan adalah hal penting. Jika kita mengetahui makna yang terkandung didalamnya. Semoga kita senantiasa dapat memenuhi semua undangan untuk kita.

Menghadiri undangan adalah bagian dinamika kehidupan sehingga hidup akan lebih bervariasi dan penuh warna. Yakinlah apapun yang kita lakukan niatkan untuk kebaikan, ikhlas karena Allah, dan niatkan untuk ibadah dalam jalinan silaturahmi antarmanusia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali