Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Membuat Peta Mengunakan Metode Grid
tribunnews.tribun banjarmasin

Membuat Peta Mengunakan Metode Grid

Geografi merupakan mata pelajaran cabang dari ilmu sosial. Selain sejarah, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.

Bedanya geografi dengan cabang ilmu sosial lain ada pada kajian spatial (keruangan). Media pembelajaran utama mata pelajaran geografi adalah peta.

Peta yang akan digunakan mengunakan peta yang sudah ada, peta dibuku sumber, atau peta hasil download dari internet. Akan tetapi dalam pembelajaran geografi siswa idealnya dapat membuat peta dengan baik.

Membuat peta banyak cara seperti mengunakan pantograf, pengukuran hasil lapangan, fotocopy, menjiplak, mengunakan sistem grid, atau mengunakan aplikasi pembuatan peta.

Sekian cara membuat peta diantaranya mengunakan sistem grid. Sistem grid merupakan cara menggambar peta dengan mengunakan garis mendatar dan horizontal dengan ukuran tertentu. Bahan untuk membuat peta yaitu:

  1. Karton
  2. Pengaris
  3. Alat tulis (pensil, penghapus, rautan, dan spidol warna/i)
  4. Peta dasar yang akan menjadi acuan membuat peta.

Cara membuatnya yaitu:

  1. Peta dasar diberikan garis horizontal dan vertikal dengan ukuran yang sama mengunakan pengaris. Sehingga akan terbentuk kotak-kota dengan jarak yang sama. Ukurannya sesuai dengan kebutuhan 1 cm, 2 cm, atau bahkan lebih. Garis horizontal ditulis mengunakan pensil sehingga saat peta telah selesai garis bisa dihapus.
  2. Kemudian ukur panjang karton yang akan menjadi media gambar. Berikan garis tepi pada karton dengan jarak yang sama atas, bawah, kanan, dan kiri. Jika peta akan diperbesar 5 kali, maka jarak dipeta dasar 1 cm maka jarak kota yang sama pada karton harus 5 cm. Pastikan jumlah kotaknya sama antara di peta dasar dengan karton. Saat diperbesar skala peta juga harus turut berubah.
  3. Setelah media gambar selesai terdapat kotak-kotak pada peta dasar dan pada media gambar.
  4. Pindahkan gambar pada peta dasar ke karton media gambar per gambar perkotak.
  5. Setelah selesai dipindahkan gambar pada peta dasar, hapus garis horisontal dan vertikal pada media gambar.
  6. Peta buta telah selesai, tinggal lengkapi sesuai komponen peta. Peta apa yang akan dibuat apakah peta khusus atau peta umum. Setiap jenis peta yang buat maka komponen petanya yang digambar berbeda.

Peta selesai. Kemudian peta dapat digunakan untuk presentasi di depan kelas secara pribadi atau kelompok.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali