Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Memanfaatkan Halaman Madrasah
Dokumentasi Penulis

Memanfaatkan Halaman Madrasah

Hari ini saya berkunjung ke MAN 3 Tangerang yang berlokasi di Mauk, Tangerang. Lokasi Kompetisus Sains Madrasah (KSM) ini berada disekitar pesisir pantai laut Jawa, Provinsi Banten.

Saat datang ke MAN 3 Tangerang ada yang berbeda. Tanah disekitar depan kelas ditanami berbagai tanaman mangga. Saya perhatikan hampir di setiap depan kelas terdapat tanaman mangga. Tidak begitu tinggi sekitar 2 meter akan tetapi telah memiliki daun yang rindang sehingga dapat menjadi penyejuk.

Tanaman mangga tersebut sedang berbuah. Sepertinya tanaman cangkokan dengan pohon yang tidak terlalu tinggi buahnya menggelantung dalam jumlah yang banyak andaikan dipetik dengan tangan saja bisa.

Saya berpikir pihak pengelola madrasah memiliki jiwa seorang petani perkebunan buah-buahan. Memanfaatkan halaman sekolah yang terbatas dengan tanaman buah-buahan kemudian tanaman berbuah. Sungguh luar biasa.

Integrasi lembaga pendidikan dan hasil kebun tanaman mangga adalah sesuatu yang luar biasa. Saya melihatnya tanaman mangga yang sedang berbuah tersebut seolah bukan tanaman perkebunan akan tetapi lebih cendrung ke tanaman hias. Terlihat indah dan menarik didepan kelas siswa terdapat buah mangga yang banyak bergelantungan.

Mungkin saja kondisi tanah di MAN 3 Tangerang cocok untuk tanaman mangga. Bagaimanakah di madrasah/sekolah para gurusianer tanaman apakah yang cocok? Sepertinya bisa jadi alternatif tanaman penghijauan buah-buah disekitar halaman kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selain rindang dan indah, juga menghasilkan ya Pak Mulya?

12 May
Balas

Iya pak

12 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali