Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Profesi Lain Petani Sawah Lebak

Saya hidup dari keluarga petani sawah lebak. Sehingga sangat familiar dengan aktivitas para petani. Bahkan bapak juga sering melibatkan saya dalam aktivitas bertani. Akan tetapi garis hidup berbeda kini saya menjadi seorang pendidik.

Apa itu sawah lebak? Sawah lebak adalah sawah yang airnya berasal dari air sungai baik secara alami mengaliri sawah maupun mengunakan bantuan mesin penyedot air sungai yang digunakan untuk mengairi sawah.

Sungai oleh para petani dibuat parit menuju ke sawah. Tujuannya saat sungai banjir airnya akan mengaliri sawah melalui parit. Berbeda dengan irigasi. Umumnya dibuat pintu air. Saat irigasi banjir/sawah membutuhkan air pintu air tinggal dibuka.

Saat sungai banjir parit terisi air dan mengalir ke sawah. Bahkan sesekali air sungai meluap (banjir) mengenangi sawah.

Satu sisi musibah satu sisi keberkahan. Mengapa musibah? Tanaman padi petani terancam mengalami pembusukan karena terlalu lama terendam air, sedangkan keberkahannya saat itulah banyak ikan yang mudik (ikan naik kesawah karena banjir).

Biasanya para petani sawah akan melakukan berbagai aktivitas untuk menangkap ikan di sungai yang sedang meluap atau disawah yang sedang digenangi air. Beragam ikan berhasil ditangkap dari sungau atau dari empang peliharaan warga yang meluap dan ikannya lepas.

Berbagai aktivitas menangkap ikanpun dilakukan. Menangkap ala petani sawah. Mereka bukan nelayan tetapi hanya petani sawah yang mencoba meraih keberkahan karena banjir. Cara berikut biasa dilakukan oleh para petani saat menangkap ikan yaitu:

  1. Teuger, aktivitas menangkan ikan dengan cara teuger yaitu membuat pancing ukurannya 1 meter dengan senar hanya 10 cm. Pancing mengunakan ukuran relatif besar. Pancing untuk teuger dibuat dalam jumlah yang banyak minimal 50 pancing. Umpan pada pancing neuger umumnya cacing tanah ukuran besar dan kodok leuleus (jenis kodok yang dapat dikonsumsi manusia bagi yang suka). Caranya pancing teuger ditanam sekitar genangan air yang berpoteni ada ikan yang memakannya. Si pemasang teuger hanya tinggal menunggu umpan dimakan ikan kemudian teuger diangkat. Ikan diambil dan ditempatkan pada tempat khusus. Bisa dipasang seharian atau bahkan diinapkan.
  2. Jala, alat penangkap ikan yang terbuat dari anyaman senar atau tali khusus. Penggunaan jala bisa ditebar atau dipasang pada tempat yang diprediksi ada ikan yang berlalu lalang. Ikan akan terjebak pada jala kemudian berhasil ditangkap.
  3. Bubu, bubu merupakan alat khusus yang dibuat dari lidi daun kelapa/kaung atau dari bilah bambu yang diraut seukuran lidi. Kemudian dianyam mengunakan senar/tali nilon sehingga membentuk kerucut. Bubu dipasang pada air mengalir yang deras. Sehingga saat ikan masuk ke bubu tidak dapat kekuar kembali.
  4. Dok dok, dok dok merupakan alat penangkap ikan terbuat dari bambu berbentuk U. Kemudiand diberi anyaman senar tali khusus. Saat ada merupakan ikan tinggal disaring/ditangkap.

Mereka petani sawah lebak mata pencarian utamanya bertani. Akan tetapi ketika sawah mereka tergenang profesi mereka berubah menjadi penangkap ikan.

Akan tetapi kesemua itu terancam. Bagaimana tidak Tangerang diproyeksikan memiliiki tata ruang untuk Industri. Sungai mulai tercemar dan alih fungsi lahan mulai terjadi. Pemindahan jalur sungai alami. Banjir sering terjadi tetapi jenis ikan yang ada sudah berkurang. Save petani Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ulasan yang mantal dan up to date, menginspirasi. Sukses selalu Pak Mulya

04 Nov
Balas

Terimakasih bu. Sukses dan sehat selalu buat ibu. Barakallah

04 Nov

Salam literasi , dari saya penulis kelas gurem ,bpk mantap

04 Nov
Balas

Salam literasi dan salam kenal juga. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Nov

Kemana lagi indahnya mencari ikan, memanen padi...

04 Nov
Balas

Kelak pasti akan sangat dirindukan, mengapa demikian zaman senantiasa berubah. Sehat dan sukes selalu bu. Barakallah

04 Nov

tulisannya sangat pas untuk kondisi sekarang pak.sangat menginspirasi

04 Nov
Balas

Iya pak masa transisi zaman old dan zaman now. Terimakasih sudah mampir pak. Barakallah

04 Nov

Jika setiap sudut bumi nusantara dimanfaatkan..disuppot pemrintah dgn serius...pasti negeri ini jd surga dunia...

04 Nov
Balas

Itu pasti, akan tetapi apakah tidak tergoda dengan tawaran uang atas nama industri dan kemajuan zaman

04 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali