Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H
Animasi Top

Memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H

Manusia hidup dalam rentangan waktu. Sejak terlahir sampai dengan dimasukan kembali ke liang lahat. Setiap orang memiliki catatan sejarah hidup masing-masing.

Sejarah hidup seseorang akan terkait dengan orang lain karena pernikahan, keluarga, teman sekolah, rekan bekerja, seagama, se Indonesia, bahkan sedunia. Lalu seperti apakah sejarah hidup kita? Semoga banyak melakukan hal baik.

Hidup adalah bagaimana seseorang mengisi waktu dengan sebaik-baiknya. Sebagai manusia tidak ada yang sempurna. Tidak seorang manusiapun luput dari perbuatan salah akan tetapi bagaimana manusia tersebut dapat segera menyadari kesalahannya dan segera memperbaiki diri untuk menjadi lebih.

Filosofi waktu berawal dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun. Sesuai pribahasa hari esok harus jauh lebih baik dari hari sekarang. Pribahasa tersebut menunjukan bahwa setiap orang harus melakukan yang lebih baik dari waktu sebelumnya. Semoga kita demikian dalam memperlakukan waktu. Berbuat yang terbaik dari waktu ke waktu.

Hari ini tahun baru Islam 1 Muharam 1440 H. Lalu bagaimana kita memaknainya yaitu:

  1. Bersyukur kepada Allah Swt, sudah sepatutnya kita bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Pada tahun ini kita masih bisa bernafas menghirup udara secara cuma-cuma, masih dapat mengedipkan mata, masih sehat, dan lain sebagainya. Nan jauh disana masih ada orang-orang yang tidak seberuntung kita terbujur sakit atau sedang berada pada wilayah konflik seperti di Suriah, Palestina, Rohinga, dan lain sebagainya.
  2. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, saat Allah memberikan umur panjang, kesehatan, pekerjaaan yang baik, dan lain sebagainya sampai dengan 1 Muharam 1440 H. Kesempatan yang diberikan oleh Allah jangan disia-siakan. Lakukan prinsip hari ini harus lebih baik dari kemarin dalam semua hal. Insyaallah kita bisa.
  3. Allah Swt sayang kepada kita, Allah sampai saat ini masih memberikan kesempatan kepada kita untuk hidup, itulah rasa sayang yang Allah tunjukan pada kita. Jangan sia-siakan rasa sayang yang Allah berikan. Berbuatlah terbaik dalam hidup.
  4. Jangan sia-siakan kesempatan, kesempatan yang Allah berikan sampai saat ini harus dimaksimalkan. Memanfaatkan kesempatan yang Allah berikan seperti kesehatan maupun umur panjang. Jangan pernah sia-siakan berkah dan karunia-Nya.
  5. Selalu berbuat baik, bisa saja tahun depan tidak lagi bertemu dengan 1 Muharam, tahun baru Islam adalah awalan untuk melakukan banyak kebaikan. Selama 1 tahun idealnya hanya hal baik yang kita lakukan. Manusia tidak ada yang tahu kapan akan dipanggil yang maha kuasa. Andaikan kita dipanggil mendadak. Teruslah berbuat baik seolah tahun depan tidak akan lagi bertemu dengan muharam.
  6. Hidup ini saat sekarang dan esok. Saat segala nikmat Allah berikan maka hidup itu adalah saat sekarang dan esok. Hidup bukan bicara kemarin. Yang lalu biarlah berlalu, jika keliru perbaiki. Apabila sudah baik maka tingkatkan menjadi lebih baik.
  7. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, waktu yang Allah berikan di tahun ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan banyak hal postif. Rentangan waktu begitu panjang 12 bulan kedepan. Jangan sampai menyia-yiakan waktu untuk hal yang tidak berguna.

Bersyukurlah selalu kepada Allah Swt atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita. Sampai tahun baru Islam 1 Muharam 1440 H Allah Swt masih memberikan kesempatan kepada kita untuk hidup di alam dunia.

Semoga Allah Swt perkenankan kita berumur panjang untuk menjadi manusia terbaik di bumi Allah dan berinvestasi dengan amal ibadah tulus ikhlas karena Allah sebagai bekal setelah alam kehidupan.

Rasa syukur atas kesempatan waktu/umur yang Allah Swt berikan jangan pernah disia-siakan. Lakukan hal terbaik dengan ikhtiar makskmal dan doa. Anggaplah tahun depan kita tidak lagi bertemu dengan 1 muharam sehingga kita dapat memaksimalkan waktu yang kita miliki. Semoga. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali